Manfaat Air Jeruk Untuk Kesehatan

Manfaat JerukBahaya garam berlebih yang sebelumnya menjadi berita heboh dunia kesehatan, mungkin membuat banyak orang miris. Tapi sebenarnya hal ini bisa disiasati. Beberapa harian berita internasional menanggapi release AHA tentang kematian jutaan orang akibat garam berlebih, memeberikan beberapa tips menghindarinya dengan menambahkan air jeruk dan bukan garam sewaktu masak makanan. Hal itu  setidaknya dapat menggantikan rasa gurih garam dalam makanan. Selain dapat menjadi pengganti garam, ternyata air jeruk, buah jeruk (lemon) mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut di antaranya …

Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh


Air Jeruk Untuk Perawatan Kulit

Memang sederhana, kita cukup memakai perasan air jeruk atau lemon untuk merawat kulit. Air jeruk dapat membuat kulit sehat dan bersinar, mengurangi penuaan, menghilangkan komedo, dan keriput. Tidak perlu membeli bermacam produk perawatan kulit hanya untuk menjadikan kulit lebih sehat, cukup gunakan saja air perasan jeruk, kulit Anda akan lebih cantik, dan tentu saja tidak mahal alias murah meriah.

Air Jeruk Untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

Yang ini cocok dengan kebiasaan pagi saya, setelah mengikuti seminar food combining,saya sering minum air jeruk hangat atau tidak hangat sewaktu pagi sebelum sarapan. Bagi yang sering mengalami masalah pencernaan cobalah untuk minum air putih ditambah perasan 1 buah air jeruk tanpa gula. Ini kebiasaan yang sehat lho, karena air jeruk (lemon) bisa membantu memurnikan darah, mengurangi racun dari tubuh, dan mengurangi risiko timbulnya masalah pencernaan seperti sembelit.

Air Jeruk Sebagai Pembersih Darah

Bermacam makanan tidak sehat yang berada di sekeliling kita, sejak pagi sampai malam kita selalu dekat dengan makanan tidak sehat. Bahkan meski terlihat modern dan sesuai dengan gaya hidup saat keren, ternyata makanan-makanan tersebut tidak sehat alias meracuni tubuh kita. Bagaimana kita menangkalnya? Selain dengan menghindari berbagai makanan yang beracun tersebut, kita juga bisa membiasakan diri minum air perasan jeruk (lemon). Kandungan yang ada dalam lemon ternyata dapat digunakan sebagai pembersih darah dari racun, serta menghilangkan efek jahat dari makanan junk food, seperti makanan cepat saji, makanan berbahan pengawet dan pemanis buatan.

Air Jeruk Untuk Kesehatan Mulut

Kesehatan mulut sangat penting untuk selalu dijaga, karena salah sedikit saja bisa berakibat fatal. Bau tidak sedap, nafas tidak sedap, pendarahan gusi adalah beberapa masalah serius yang sering berdampak pada mulut yang tidak sehat. Untuk menjaga kesehatan mulut, kita bisa menggunakan perasan air jeruk dan digunakan sebagai bahan berkumur, baik pagi maupun petang.


Air Jeruk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah (blood pressure) dapat diakibatkan oleh banyak hal, 2 posting saya sebelumnya menjelaskan mengenai gula dan garam sebagai salah satu pemicu naiknya tekanan darah. Sodium dalam garam memang terbukti klinis meningkatkan tekanan darah, karena itu kita butuh kalium untuk mengontrol tekanan tersebut. Jeruk mengandung kalium di dalamnya. Meminum jeruk atau lemon bisa mengontrol tekanan darah tinggi dan mengurangi efek mual serta pusing. Karena itu, dianjurkan kepada penderita tekanan darah tinggi untuk sering mengkonsumsi perasan lemon setiap hari.

Sebenarnya manfaat perasan air jeruk (melon) untuk kesehatan ini ada banyak sekali selain di atas. Saya sudah pernah posting tentang manfaat jeruk bali untuk kesehatan, dan cara memilih jeruk bali yang tepat. Pada kesempatan lain, saya usahakan bisa menambah lagi manfaat air jeruk untuk kesehatan ini. Karena sebenarnya masih banyak lagi dan saya belum sempat menuliskan semuanya.

Judul artikel: Manfaat Air Jeruk Untuk Kesehatan
Kategori :
Diposting pada: Minggu, Maret 31, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/03/manfaat-air-jeruk-untuk-kesehatan.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.