Cara Mewarnai Pakaian

Mewarnai Pakaian - Melanjutkan tips sebelumnya agar pakaian lama terliaht trendy, kali ini saya lanjut dengan teknik mewarnai pakaian. Posting sebelumnya berfokus pada remaking pakaian dengan memotong bagian kaki atau lengan dan menambah hiasan atau manik-manik. Pada posting ini khusus membahas mengenai teknik mewarnai pakaian lama, bisa berupa jeans, t-shirt, kemeja, atau jenis pakaian lainnya.

Secara dasar, teknik pewarnaan pakaian ini tidak ada bedanya dengan cara yang dilakukan oleh pabrik tekstil, hanya saja lebih disederhanakan dan dapat dilakukan sendiri alih-alih menambah koleksi DIY Anda.

Pakaian lama atau baru bisa diwarnai ulang agar sesuai dengan selera kita. Karena terkadang saat memilih pakaian, kita sudah sangat cocok dengan model pakaiannya, tapi warnanya gak sesuai. Untuk membuat Anda semakin puas dengan pilihan pakaian baru, Anda bisa mengganti warnanya dengan teknik mewarnai pakaian berikut ini. Untuk pakaian lama, yang mungkin Anda sudah bosan dengan warna sebelumnya, atau sudah pudar, Anda dapat mengganti warnanya menjadi lebih baru dengan cara mewarnai pakaian yang baik dan benar.

Warning!
  1. Sebelum melakukannya, pastikan bahwa Anda sudah pas dengan pilihan jenis pewarna yang akan digunakan, salah pilih, wassalam!
  2. Dalam mewenter sebaiknya memahami dulu warna yang akan diwenter. Merah tidak bisa jadi biru atau hijau. Merah pudar hanya bisa menjadi merah baru, hitam, atau coklat. Begitu pula kombinasi warna yang lain. Misalnya, warna asli biru hanya bisa ke biru atau hitam, warna asli cokelat hanya bisa ke cokelat atau hitam, warna asli hitam hanya bisa ke hitam. Dan lain sebagainya, coba-coba dulu deh.
  3. Sebelum melakukannya, Anda sudah menata hati bahwa seandainya gagal Anda tidak terlalu kecewa dengan pakaian hasil pewarnaan baru Anda.
  4. Sebaiknya mencoba dulu pada pakaian lama, sambil mempelajari karakter pewarna yang digunakan dan bahan pakaian yang akan diwarnai.
  5. Pastikan pakaian yang Anda pilih berbahan dasar katun/kapas, karena bahan inilah yang paling mudah menyerap warna. Untuk yang berbahan polyster (pakaian renang atau olahraga), Anda bisa mencobanya tapi jangan kecewa bila gagal, karena bahan polyster sangat susah menyerap warna.
  6. Jauhkan proses pewarnaan dari anak, karena warnanya yang sudah tercampur dengan air akan sangat menarik bagi Anak.

Sudah paham dengan warning di atas? Mari kita mulai. Sesuai dengan pengalaman pribadi dan wawancara mereka yang juga pernah melakukan pewarnaan ulang pakaian, saya pilihkan cara yang paling mendekati keberhasilan dan jauh dari resiko gagal. Namun meski begitu, bagi yang belum pernah sama sekali, kembali ingat warning saya di atas.

Cara Mewarnai Pakaian Lama atau Baru


cara mewarnai pakaian yang benar


Bahan yang dibutuhkan:

  1. 1 bungkus Wantex (Pewarna Tekstil). Anda bisa beli wantek di toko-toko kain, harganya murah berkisar Rp1.500,00 sampai Rp2.000,00 per bungkus. Pilih warna sesuai selera, ada teman yang menyarankan untuk memilih yang bermerk kupu-kupu. Lain daerah lain penyebutan wantex, ada yang menyebut wantek. Proses mewarnai ulang ini biasanya disebut dengan wenter, mewenter atau diwenter.
  2. Panci agak besar yang cukup untuk mencelup pakaian keseluruhan. Awas lho ya bilang dulu sama ortu kalau mau pakai, soalnya warna wantek akan membekas bila tidak dicuci benar-benar.
  3. 3 liter air. Kadar air bisa menyesuaikan sesuai dengan ketebalan dan jumlah pakaian. Komposisi ini cukup untuk 1 potong pakaian.
  4. Sarung tangan agar warna wantex tidak kena tangan.
  5. 1 potong pakaian yang akan di re-coloring.

Proses Mewarnai Pakaian

  1. Masak 3 liter air sampai mendidih
  2. Masukkan Wantex saat air sudah mendidih aduk-aduk hingga warna merata
  3. Masukkan pakaian
  4. Aduk dan bolak-balik pakaian dengan kayu atau apa saja selama kurang lebih 15 – 20 menit (Masih mendidih dan diatas kompor, bila air susut bisa ditambah lagi).
  5. Turunkan panci dari kompor, sambil sesekali dibolak balik biarkan air dingin.
  6. Bilas pakaian sampai larutan wantex luruh semuanya, kira-kira 5 – 8 kali bilasan.
  7. Keringkan pakaian dalam ruangan agar tidak terkena sinar matahari langsung.
NB:
  1. Pakaian dengan ketebalan tinggi membutuhkan bahan pewarna yang lebih banyak pula, karena itu, untuk jenis Jeans Anda dapat menggunakan bahan yang saya list dibawah ini (2 X) dua kali lipat.
  2. Pakaian yang rentan pada panas (sutra, silk, brookat dll) harus hati hati ketika melakukan proses pengadukan dan pencelupan. Jangan terlalu keras biar tidak melar atau lubang.
  3. Pada proses ke-5 saat memanaskan dan membolak-balik pakaian, bila masih didapati warna berlum merata keseluruhan, bisa ditambahkan air dan wantex. Biasanya tergantung dengan ketebalan dan jumlah pakaian, semakin tebal butuh semakin banyak air dan wantex, semakin banyak jumlah pakaian semakin banyak pula kebutuhan air dan wantex.
  4. Ada trik menarik dengan membuat pola-pola tertentu agar warna wantex tidak tercetak secara keseluruhan pada pakaian. Anda bisa mengikat bagian tertentu dengan karet dan baru melepas saat mengeringkan. Hasilnya, akan ada efek pola berpendar pada pakaian. Anda bisa mencoba dengan gaya dan pola-pola yang lain. Atau bahkan dengan melakukannya dengan warna yang berbeda-beda.
Demikian cara mudah mewarnai pakaian yang sangat bermanfaat bagi Anda yang masih sayang pada pakaian lama tapi warnanya sudah luntur. Jangan lupa pula membaca kembali artikel mengenai cara memilih celana jeans yang tepat agar Anda dapat mendapatkan celana jeans yang pas.

Judul artikel: Cara Mewarnai Pakaian
Kategori :
Diposting pada: Selasa, April 23, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/04/cara-mewarnai-pakaian.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

29 komentar:

  1. kalo ngasih motif gmana? Misalnya mau bikin motif bunga terus warnanya beda2 gitu? Pake kuas? :D

    BalasHapus
  2. kalo pgen buat motif bunga misalnya, terus warnanya beda2. Tp warna asli jeansnya gak ikut hilang. Gmana ka?

    BalasHapus
  3. kalo pgen ngewarnain seragam . .
    Bhan y kaya suTra gtU HAlus . . Yg kata y susah d wantek
    Kira2 ada trik y ga eah ?
    c0z ane ada seragam aBu2x pgen jd item gan .

    Mampir jg y gan
    http://adryandt.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Mau nanya, klo pewarna selain berbentuk bubuk ada g y? Trims

    BalasHapus
  5. kalo misalkan ke sablon bakal nempel ga?

    BalasHapus
  6. kalo misalkan ngasih warna nya lebih dari satu gimana caranya??

    BalasHapus
  7. klo ijo tua mau di jadiin ijo muda gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kao ijo tua mau di mudain ya ditambahkan putih dikit demi sedikit sesuai warna yg di inginkan

      Hapus
  8. Saya mewantek tas GAPjeans warna beigie jadi coklat tp warnanya agak pudar ato tidak terlalu coklat.....bisakah di wantex ulang agar bisa lebih coklat dgn warna wantex yg sama/coklat? Ato bisakah warna wantex nya di hilangkan dulu dan caranya gimana?
    Thx

    BalasHapus
  9. kalo umpanya pakai air dingin, bisa gak min? maklum anak kos

    BalasHapus
  10. kasih warna putih sedikit pasyi jadi ijo muda

    BalasHapus
  11. ANE PUNYA bahan celana pink pengen dibuat warna item putih ga gan....... biar kayak TV jaman dulu ..... he he

    BalasHapus
  12. Kak, saya baru sekali pake celana denim warna Putih
    terus saya rendam pake Pemutih proclin
    eh setelah 1menit saya baru nyadar kalau celana berubah menjadi warna Kuning kecokelatan (dekil)

    Mau ngembaliin jadi warna Putih bersih lagi bisa gak ya? Kalau bisa pakai apa dan bagaimana caranya ya?

    BalasHapus
  13. mas permisi, celanaku luntur sedikit di bagian bawah kaki, bagaimana caranya utk ngecat warna di bagian luntur itu ya? Trims

    BalasHapus
  14. Gan, tips untuk mewarnai bahan kain paris atau chiffon gmn ya? Saya udh coba wenter, tp warnanya g nyerap ke kainnya..

    BalasHapus
  15. kalau ngewarnai kain yang menempel dipigora besar apa gak ada cara lain selain mencelup

    BalasHapus
  16. sekarang mah susah bedain warna tua sama muda, soalnya jaman sekarang yang muda kadang sok tua.

    BalasHapus
  17. Kalo kasus warnanya jadi gak rata gmn ?

    BalasHapus
  18. Kalau bahan katun paris bermotif dijadiin warna hitam bisa ga ya?

    BalasHapus
  19. kalok mau mewarnai jas bisa gx..???

    BalasHapus
  20. Thanks aetikelnya...sangat membantu๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus
  21. Yah..tapi klo misalx bajunya jenis kain beludru gmn dong??kan artikelnya ditulis cmn kain katun....

    BalasHapus
  22. Klo ngwantek na gagal,bisa di wantek ulang gk

    BalasHapus

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.