Cara Membuat Rangka Pesawat Mainan Anak

Hari minggu kemarin, tepatnya 17 Feb 2013, ada kegiatan rekreasi menarik bagi saya. Sembari melakukan kegiatan biasa, cek dan update blog. Untuk mengisi waktu luang saya selingi dengan nyicil membuat pesawat mainan anak. Kenapa nyicil? Karena sebenarnya janji saya untuk anak adalah membuatkan mainan pesawat yang bisa terbang tapi baru kesampaian untuk membuat rangkanya saja.
Membeli mainan anak memang mudah dan cepat, tapi untuk mengajari anak agar berkreasi, saya sempatkan untuk membuat sendiri pesawat mainan. Hitung-hitung lebih hemat dan mengasah psikomotor anak. Cara membuatnya juga tidak susah. Kalau punya anak kecil tentu seabrek mainan dalam box, kumpulkan saja mana yang kira-kira rusak dan bisa di daur ulang.

Membuat Rangka Pesawat Mainan

Pertama kumpulkan dulu peralatan yang akan dipakai. Apa saja peralatannya?
Bahan:
1. Papan kayu; butuh sedikit saja kira-kira (15 cm x 4 cm ) x 2. Satu bagian untuk kerangka, satu bagian lagi untuk baling-baling
2. Batrei A2 x 2 (sesuai selera)
3. Dinamo kecil (bekas)
4. Bekas tempat batrei
5. Bekas saklar mainan

Alat-Alat:
1. Solder + timahnya
2. Tang (optional)
3. Pisau (cutter)
4. Tatah (optional)
5. Lem + Penembaknya (optional)
6. Gergaji
7. Gunting
8. Obeng (optional)
9. Pena (optional)

Lebih jelasnya lihat dalam gamabar berikut:

NB: bahan-bahan yang diperlukan berasal dari mainan rusak yang tida terpakai.

Pertama
Potong papan kayu untuk kerangka dan baling-baling.

Sebaiknya pilih papan kayu yang ringan dengan tebal kira-kira 1cm atau lebih. Hal ini agar kerangka pesawat ringan dan lubang untuk tempat batrei cukup. Kenapa menggunakan kayu? Karena dengan bahan yang lain tidak kuat, mudah patah. Apalagi kalau yang memainkan anak-anak, bisa jadi sekali pakai sudah hancur. Karena itu saya memilih menggunakan kayu. Bagi yang punya bahan dari plastik bekas pesawat yang sudah tidak terpakai lebih baik.

Kedua,
Lubangi kayu seukuran susunan dua batrei (menyesuaikan tempat batrei). Lihat posisinya! Lubang yang tengah digunakan untuk tempat batrei, sedangkan yang ujung digunakan untuk penopang dinamo.


Ketiga,
Solder kabel + dinamo + tempat batrei. Bila punya saklar kecil bisa dipakai. Saya memanfaatkan tempat batrei dan saklar mainan yang sudah rusak. Karena awalnya tempat batrei hanya cukup untuk satu batrei, maka saya memotongnya jadi dua bagian, sehingga bisa cukup untuk dua batrei. Tapi kalau sudah cukup dengan satu batrei yang terserah panjenengan, yang penting daya yang dibutuhkan baling-baling agar berputar kencang tercukupi.


Keempat,
Masukkan tempat batrei kedalam lobang pada kayu yang telah kita buat sebelumnya.

Agar terkesan lebih simple dan professional he he he. Buat lubang kabel pada bagian bawah kayu.

Kemudian letakkan semua komponen dalam kerangka. Batrei + Dinamo pada posisinya masing-masing.

Sudah mudeng kan dengan konsepnya? inilah kerangka mainan pesawat anak-anak yang akan kita pasang pada body pesawat.
Eitt tunggu dulu, ternyata kita belum buat baling-balingnya.

Membuat Baling-Baling Pesawat Mainan

Untuk membuat baling-baling, mudah saja. Potongan kedua yang telah kita siapkan sebelumnya kita iris menipis pada ujung-ujungnya.

Satu bagian menipis di kanan atas dan satu bagian menipis di kiri atas. Jangan sampai keliru, kalau keliru bagian yang ditipiskan, jadinya tidak seperti baling-baling, dan arah angin tidak sesuai yang diinginkan. Pastikan dahulu posisi tengahnya, agar nanti bisa simetris. Iris terus bagian yang saya sebut tadi sampai benar-benar menipis. Rapikan bagian yang diiris menyerupai daun kipas.
membuat-baling-baling-a

Setelah baling-baling selesai dibuat, kita tinggal memasangnya pada dinamo. Selamat! kerangka pesawat mainan anak telah selesai dibuat.


Kerangka mainan peswat sudah selesai, Anda tinggal memasanganya pada body pesawat yang Anda bisa buat sesuka hati. Sebaiknya body pesawat dibuat dari bahan styrofoam, ringan dan mudah pemotongannya. Dari kertas karton juga bisa tapi mungkin mudah sobek.
Sampai pada kerangka pesawat ini, karena belum sempat membuat bodynya, sementara saya gantung di plafon rumah. Pun begitu kerangka ini sudah bisa dimainkan kok. tenaga angin dari baling-baling sudah cukup membuat kerangka ini berputar layaknya mainan pesawat, cuman belum bagus gitua aja.
Tunggu posting selanjutnya, barangkali saya sempat membuatkan body pesawat mainan ini. Kalau sempat akan saya posting juga. Terimakasih, semoga manfaat dan membantu mendidik anak-anak kita menjadi kreatif.
Jangan lupa like-nya ya!

Judul artikel: Cara Membuat Rangka Pesawat Mainan Anak
Kategori :
Diposting pada: Rabu, Februari 20, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/02/cara-membuat-rangka-pesawat-mainan-anak.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

10 komentar:

  1. mantap thx tipsnya bagus bgt
    kalo bkin di gabungin sama badan dan sayapnya gmana tuh??

    BalasHapus
  2. mantap thx tipsnya bagus bgt
    kalo bkin di gabungin sama badan dan sayapnya gmana tuh??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, saya masih belum sempat gabungin dengan bahan styrofoam, mungkin kesempatan lain bisa saya update. Tapi pada posting membuat pesawat radio control, bisa membantu.

      Hapus
  3. bisa terbang gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang model ini belum bisa terbang mas, karena dinamo bekas yang dipakai adalah dinamo motor mainan, kurang kuat untuk menarik beban body pesawat. Paling-paling ya bisa berputar-putar dengan digantung pada plafon.

      Kalau ingin coba yang bisa terbang dengan dinamo bekas, cobalah dinamo bekas CD Room. Kayaknya lebih kenceng dan kuat menarik beban rangka.

      Atau kalau mau lebih serius lagi, ya yang di posting ini. Terimakasih.

      Hapus
  4. Saya pernah baca dibuku francis dyuri membuat pesawat model tapi cukup sederhana dan bisa terbang,dengan menggunakan batray dan dinamo mainan,namun sayang penjelasanya sulit dipahami.

    BalasHapus
  5. kreatif sekali mas ini,
    ini bisa kita jadikan mainan baru buat si dedek biyar ambah seru.
    ajarin lagi mbuat mainan yang lain ya mas

    BalasHapus
  6. remot pengendalinya gmana buatnya gan??

    BalasHapus
  7. kalo baling2 nya dari styrofoam bisa gk

    BalasHapus

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.