Awas! Meski Olahraga Bisa Hilang Manfaatnya

Manfaat Olahraga - Ada banyak keluhan dari para ABG dan orang-orang dewasa, setidaknya itulah yang banyak diutarakan teman-teman saya. Mereka menganggap olahraga yang biasa mereka jalani ternyata tidak ada manfaatnya. Perut mereka tetap buncit, tumpukan lemak ada di mana-mana, dan merasa loyo meski setiap pagi hari sudah berolah raga. Apa yang salah ya? Ternyata, setelah surfing mencari-cari artikel dan makalah tentang masalah itu. Eh dapat jawabannya. Apa saja penyebab hilangnya manfaat olahraga?

Kesalahan Sebelum dan Sesudah Olahraga



Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan orang sehingga bisa memupuskan manfaat olahraga.
Kesalahan seperti apa ya? Fit Sugar menunjukkan bahwa setidaknya ada empat kesalahan mengapa olahraga pagi menjadi sia-sia.

Terlalu Sering Memakai Sepatu Hak Tinggi


Memakai sepatu hak tinggi setiap hari ternyata tidak baik. Aha, ayo para fashionista, ketemu masalahmu sekarang, mengapa untuk tampil maksimal dengan memakai sepatu hak tinggi benar-benar menguras tenaga dan mempercepat lelah. Itu karena sepatu hak tinggi dapat memperpendek otot betis. Hasilnya, tumit menjadi kaku dan otot cepat lelah.

Selain menghilangkan manfaat kesehatan olahraga, ternyata sepatu hak tinggi juga bermasalah pada resiko-resiko lain pada kategori masalah keseimbangan tubuh. Memakai sepatu hak tinggi mengurangi keseimbangan tubuh, sehingga pemakainya mempunyai resiko cedera lebih besar. Maklum lah, ibaratnya seperti memakai egrang, kaki hanya ditopang satu titik kecil, susah juga untuk bisa seimbang. Ya, setidaknya ini bisa menjadi alasan bagi teman-teman wanita yang enggan memakai sepatu hak tinggi. Untuk itu, pesannya, batasi pemakaian sepatu hak tinggi, maksimal dua kali seminggu lah.

Duduk Terlalu Lama


Kalau yang ini saya sendiri yang kena. Maklum setiap hari lebih banyak dihabiskan di depan komputer. Ternyata ini benar-benar kebiasaan yang tidak sehat. Tipsnya, saat berada di depat komputer, jangan sampai terlena terlalu lama dengan pekerjaan. Ada baiknya berhenti sejenak, berjalan-jalan atau sekadar menyapa teman atau anak-anak dengan berdiri sebentar.

Duduk terlalu lama ternyata bisa menyebabkan punggung bagian bawah terasa nyeri dan menurunkan sirkulasi darah. Apalagi terbiasa duduk dengan kaki menyilang, posisi ini bisa menghambat proses sirkulasi darah. Berjalan sebentar, mengambil minuman, menyapa teman di ruangan lain, atau memberi kesempatan punggung untuk lurus dan tegak adalah opsi yang baik untuk menangkal kejenuhan punggung.

Kebanyakan Makan Sebelum Olahraga


Hindari terlalu banyak makan pagi sebelum olahraga. Ini bisa menghambat gerakan olahraga bahkan bisa menyebabkan kram. Makan yang cukup dan bergizi (ingat sarapan berkualitas!) sebelum olahraga adalah hal penting untuk menghindari olahraga Anda menjadi sia-sia.

Sedikit Makan Sebelum Berolahraga


Kurangnya suplai energy dalam tubuh bisa menyebabkan tubuh merasa lelah. Apalagi hal ini terjadi sebelum olahraga dan Anda tidak sempat mensuplai terlebih dahulu. Hasilnya, saat olahraga energy Anda yang tidak banyak malah disabotase oleh tubuh dan membuat Anda semakin merasa kelelahan.

Kurang Tidur


Tidur yang tidak berkualitas, termasuk kurang tidur bisa menyebabkan tubuh kehilangan energi saat bangun tidur. Kalau Anda memaksakan diri untuk berlahraga dalam keadaan kurang tidur dan mengantuk, olahraga Anda tidak akan memberikan hasil yang besar, alias sia-sia. Tipsnya, selalu tidur tepat waktu sehingga saat akan berolahraga tubuh anda sudah fit dan siap.

Itulah beberapa penyebab hilangnya manfaat olahraga. Beberapa tips yang sudah diuraikan pada tiap-tiap masalahnya diharapkan dapat memabantu kita semua mengingat bahwa kita harus menghindari beberapa perilaku kita yang ternyata tidak sehat dan bisa menghilangkan manfaat olahraga.

Judul artikel: Awas! Meski Olahraga Bisa Hilang Manfaatnya
Kategori :
Diposting pada: Jumat, Maret 22, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/03/manfaat-olahraga-bisa-hilang.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.