Awas! Terlalu Banyak Minum Teh Juga Berbahaya



Bahaya Teh - Minum teh memang banyak manfaatnya termasuk mengurangi resiko terserang stroke. Namun bila berlebih malah bisa fatal akibatnya. Hasil diagnosis dokter Naveen Kakumanu dan Sudhaker D. Rao pada seorang wanita yang mengeluh sakit pada bagian punggungnya, ternyata akibat minum teh terlalu banyak.

bahaya minum teh terlalu banyak


Wanita tersebut sebagaimana dirilis pada New England Journal of Medicine mengeluh sakit pada bagian punggung bawah, lengan, dan kaki. Wanita ini diketahui terbiasa minum teh sedikitnya 100 sampai 150 kantong, atau kira-kira satu teko setiap harinya. Hal ini telah ia lakukan selama 17 tahun. 

Foto sinar X yang dilakukan dokter menunjukkan ada bagian yang sangat padat pada sumsum tulang belakang dan klasifikasi ligamen pada lengan. Anda dapat melihat hasil foto sinar X wanita tersebut di sini. Terlihat bahwa ada penambahan bagian pada tulang sebagaimana ditunjukkan panah.

Minum teh setiap hari dengan ukuran yang terlalu banyak sebagaimana kasus wanita tersebut setidaknya memberikan sumbangan Fluorida ke dalam tubuh 20 mg setiap hari. Fluorida adalah mineral yang terkandung dalam air teh dan air minum mineral biasa. Fluorida dalam dunia kesehatan dapat digunakan untuk mencegah gigi berlubang, namun tetap dalam kadar yang aman, dan tidak sampai menyebabkan fluorosis. Fluorida adalah zat umum yang biasa masuk dalam tubuh manusia bersama dengan air mineral atau teh, kemudian ginjal akan menghilangkan zat tersebut. Berbeda bila masuk kedalam tubuh dengan jumlah tinggi dan dalam kurun waktu lama malah bisa menyebabkan terbentuknya deposit kristal pada tulang.

Pembentukan kristal tulang berlebih inilah yang kemudian disebut dengan skeletal fluorosis. Dalam kasus wanita tersebut didiagnosisi bahwa ia mempunyai kadar fluorida terlalu banyak dalam darah, yakni empat kali lebih tinggi dari batas normal.

Pada kawasan tertentu seperti India dan Cina, kandungan Fluorida alaminya tinggi. Sehingga pada wilayah tersebut sering ditemukan penderita skeletal fluorosis. Pernah juga terjadi diluar kawasan tersebut, seperti kasus wanita di atas, dan sedikit kasus di Amerika Serikat. Kasus skeletal fluorosis di Amreika Serikat disebabkan karena pasien minum satu galon air mineral setiap hari (kalau ini sih memang kebanyakan).
Bagi penderita skeletal fluorosis, dokter Rao menyarankan untuk menghentikan dahulu konsumsi minum teh, terlebih saat muncul gejala.  Skeletal fluorosis  ini akan menurun dengan sendirinya saat tubuh tidak lagi mendapatkan fluorida secara eksesif. 

Demikian sedikit informasi mengenai “bahaya minum teh terlalu banyak” yang bisa saya share hari ini. Kebanyakan minum air mineral dan teh memang berbahaya, jadi ya wajar-wajar saja sesuai kebutuhan tubuh. Berharap posting ini bisa bermanfaat dan turut memberikan informasi kesehatan bagi kita semua. Terimakasih telah memabaca.

Judul artikel: Awas! Terlalu Banyak Minum Teh Juga Berbahaya
Kategori :
Diposting pada: Jumat, Maret 22, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/03/bahaya-terlalu-banyak-minum-teh.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.