Resep Membuat Pancake Sederhana

Resep Membuat Pancake - Ingin membuat pancake tapi tidak tahu caranya? Jangan risau, saya sharing resep membuat pancake sederhana. Pancake sederhana itu berarti cara pembuatannya tidak ribet dan tidak lengket di penggorengan (wajan/pan). Bagaimana caranya? Saya sering mengikuti resep membuat pancake tapi tetap saja pancakenya lengket atau menggumpal, dan kadang-kadang malah terlalu encer, bagaimana agar pancake tidak lengket, tidak menggumpal, dan tidak terlalu encer? Berikut rahasia pancake yang diberitahu teman ane.

resep membuat pancake sederhana

Tips Agar Pancake Tidak Lengket, Menggumpal, dan Terlalu Encer



Pemilihan Bahan

Ketika memilih tepung terigu untuk adonan, pilih terigu yang kandungan glutennya sedang.

Pengadukan

Ketika mengaduk adonan, jangan hanya mengandalkan sendok, tapi guanakan mixer, atau kocokan kawat gelung. Bila tetap saja menggumpal, harus di saring, sisihkan yang tidak menggumpal saja yang dipakai. Setelah diaduk dengan mixer, diamkan dulu beberapa menit, baru kemudian kocok lagi menggunakan sendok. Dengan cara ini, tekstur adonan menjadi semakin enak di mulut. Lihat videonya!

Penggorengan

Gunakan wajan anti lengket yakni wajan yang dilapisi teflon. Bisa juga dengan wajan biasa, namun sebelumnya olesi permukaannya dengan mentega.

Cara Menggoreng

Jangan lupa memanaskan dahulu penggorengan sebelum adonan dituang. Gunakan selalu api sedang. Saat dirasa sudah agak matang, turunkan panasnya. Balik dengan hati-hati. Sebaiknya gunakan spatula agar tidak sobek.

Resep Pancake Sederhana


Pancake sederhana ini dibuat dengan bahan dasar saja. Mengenai asesoris tambahan seperti topping dan lain-lain bisa ditambahkan sendiri, yang nantinya tidak sederhana lagi, tapi mewah. Jadi terserah Anda, mau buat pancake sederhana seperti ini, atau pancake mewah sesuai selera Anda. Yang penting dengan bahan dasar saja Anda sudah bisa membuat pancake sederhana dan praktis.

Bahan Pancake


  1. Tepung terigu sebanyak 500 gr. Untuk pemilihan tepung terigu, jangan lupa tips pemilihan bahan di atas.
  2. Gula pasir 50gr
  3. Baking powder 1 sendok teh
  4. Air hangat kira-kira 460ml,

Cara Membuat Pancake Sederhana


  1. Pertama campurkan dan aduk rata tepung terigu, air hangat dan baking powder.
  2. Biarkan adonan Pancake tersebut selama kira-kira 10 menit.
  3. Panaskan wajan buat memasak pancake ini, sebaiknya memakai wajan anti lengket.
  4. Tuangkan adonan kira-kira secukupnya ke atas wajan yang sudah panas.
  5. Tunggu sampai agak kecoklatan dan matang
  6. Pancake siap disajikan dalam keadaan hangat.

Bila masih ingin jelas, bisa melihat tayangan video pembuatan pancake berikut:

Video Pembuatan Pancake Sederhana




Demikian resep membuat pancake sederhana ditambah dengan tips untuk menghindari pancake dari lengket, menggumpal, atau terlalu encer. Tradisi kue pancake memang ada di semua penjuru dunia, hanya karena namanya dipanggil dengan pancake saja hingga terlihat keren. Untuk mengetahui lebih dalam tentang pancake, baca juga sejarah dan tradisi pancake di dunia.

Judul artikel: Resep Membuat Pancake Sederhana
Kategori :
Diposting pada: Jumat, Maret 15, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/03/resep-membuat-pancake-sederhana.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

1 komentar:

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.