Mengobati Sakit Kepala Alami Tanpa Obat

Mengalami sakit kepala? Pasti pernah bukan? Sakit kepala dapat disebabkan oleh banyak hal. Keluar dari sakit kepala yang dirasakan tentu keinginan semua orang. Memang sakit kepala dapat diselesaikan tergantung dari penyebab sakit kepala itu sendiri. Namun ada beberapa tips pengobatan sakit kepala secara alami agar tidak selalu tergantung dengan obat, pil, atau sirup.

Mengobati Sakit Kepala Secara Alami


Sakit kepala ternyata dapat diobati dengan cara-cara yang mudah bahkan tanpa obat. Berikut ini adalah beberapa tips aman yang bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala.


mengobati sakit kepala secara alami


Minum Air


Ya, minum air ternyata dapat meredakan sakit kepala. Air putih dapat menghilangkan dehidrasi yang menyebabkan sakit kepala. Tapi jangan keliru minum air yang malah dapat menyebabkan dehidrasi, seperti minuman beralkohol, minuman ringan, dan kopi. Beberapa minuman tersebut malah dapat menyebabkan dehidrasi.

Minum Teh


Minum teh diyakini dapat mengurangi sakit kepala. Jadi, saat Anda merasa sakit kepala, coba seduh satu cangkir the hangat dan minum pelan-pelan saat hangat. Sakit kepala bisa reda dengan bantuan minum teh tersebut.

Olahraga


Olahraga juga dapat digunakan sebagai cara alternative untuk meredakan sakit kepala. Olahraga yang dimaksud adalah bentuk aktivitas fisik seperti jogging, berenang, berjalan, dan lain-lain. Gerak fisik dapat meningkatkan sirkulasi darah dan ini dapat membantu mengatasi sakit kepala. Selain itu, olah fisik juga bisa menanggulangi kelelahan, dan menjaga tubuh agar selalu rileks. Karena itu, olahraga adalah cara yang baik untuk dijadikan sebagai bagian aktivitas rutin Anda sehari-hari.

Kompres Dingin


Menggunakan lap yang telah dicelupkan pada air dingin untuk mengkompres, dapat meredakan rasa sakit kepala. Coba letakkan kompres basah ini pada dahi, saat kain sudah terasa hangat ulangi lagi dengan cara yang sama, maka kepala Anda akan terasa nyaman.

Pancing Tertawa Anda


Mungkin karena kelelahan dan stress, sakit kepala biasanya muncul. Cobalah menonton tayangan komedi atau film kartun. Pancing agar rasa ingin tertawa Anda keluar. Saat Anda sudah bisa tertawa, biasanya sakit kepala juga sudah hilang.

Tidur Cukup


Jadwal tidur yang tidak teratur bisa menyebabkan Anda sakit kepala. Misalnya saat Anda harus ke kantor pagi-pagi, eh ternyata Anda baru tidur sangat larut. Maka mulai pagi hari itulah sakit kepala Anda akan muncul. Untuk menghindarinya, coba untuk tidur secukupnya dengan jadwal yang Anda bisa atur sendiri.

Memijat Ringan


Memberikan pijatan ringan pada kepala, leher dan telinga dapat menurunkan sakit kepala. Karena rasa sakit yang berpusat pada kepala disebarkan ke beberapa bagian saat pemijatan.  Pemijatan pada bagian sekitar alis juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menghilangkan ketegangan.

Sumber Nutrisi Pencegah Sakit Kepala


Ingat bahwa sakit kepala disebabkan oleh banyak faktor. Di antaranya adalah karena kekurangan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga menyebabkan sakit kepala. Berikut adalah beberapa nutrisi yang baik untuk mencegah sakit kepala (sebagai tindakan preventif).

Makanan Mengandung Vitamin B2


Sebagaimana pernah diulas pada Intisari (Intisari, 19 October 2012) bahwa ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli kesehatan mengatakan, asupan cukup vitamin B2 mengurangi serangan sakit kepala, terutama migrain. Dr. Mikolai, Kepala Residen di National College of Natural Medicine, Portland, Oregon, juga menyarankan untuk mengonsumsi sekitar 400 mg vitamin B2 setiap hari. Saat migran, terjadi penurunan output energi di bagian belakang otak. Vitamin B2 membantu sel untuk mempertahankan output energi. Selain melalui suplemen, Anda juga bisa mendapatkan asupan vitamin B2 dalam almond, jamur, gandum, dan kacang kedelai.

Makanan Mengandung Vitamin D


Masih ingat dengan besarnya manfaat Vitamin D pada tubuh? Baca posting bagaimana jamur bisa mensuplai vitamin D. Paparan sinar matahari juga dapat membantu membangun energi tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh alami. Termasuk menolak nyeri. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan rasa sakit kronis. Dosis standar untuk vitamin D adalah 2.000 mg per hari, meskipun dalam banyak kasus, diperlukan lebih banyak.

Makan Makanan Mengandung Magnesium dan Kalsium

Kadar magnesium dan kalsium yang rendah juga sering memicu sakit kepala. Magnesium sendiri merupakan sumber mineral dan menghasilkan energi bagi tubuh. Beberapa jenis makanan yang mengandung magnesium dan kalsium juga ampuh untuk mengobati sakit kepala. Magnesium dan kalsium dapat membantu mengurangi gejala ketegangan dan stress. Jenis makanan yang banyak mengandung magnesium dan kalsium adalah; brokoli, kacang-kacangan, susu kedelai, bayam.

Mudah bukan? Itulah beberapa tips mengobati sakit kepala secara alami dan tanpa obat. Anda cukup melakukan beberapa kativitas bermanfaat dalam tips tersebut. Selain berusaha menghilangkan sakit kepala, makanan yang mengandung kalsium dan magnesium juga sanga baik untuk kesehatan manusia.

Judul artikel: Mengobati Sakit Kepala Alami Tanpa Obat
Kategori :
Diposting pada: Jumat, Maret 15, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/03/mengobati-sakit-kepala-alami-tanpa-obat.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.