Gunung Dieng Masuk Level Waspada!

Jangan naik gunung Dieng saat ini, pendaki dan warga sekitar gunung Dieng diharap tidak melakukan aktivitas radius 500 meter dari kawah Dieng. Gungung Dieng masuk status WASPADA, sejak senin kemarin (11/3/2013). Setidaknya itulah informasi yang disiarkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

gunung dieng masuk status waspada


Saat ini aktivitas gas di kawah Dieng meningkat, banyak gas yang keluar dan dikhawatirkan dapat membahayakan penduduk yang berada di sekitar kawasan Dieng. Kekhawatiran ini sangat beralasan karena Dieng dikenal suka mengeluarkan gas beracun saat ada peningkatan aktivitas kawah.

Gunung yang berada pada persilangan wilayah tiga kabupaten ini (Banjarnegara, Wonosobo, Batang), menambah daftar catatan gunung berapi Indonesia yang saat ini masuk level waspada, yakni:
  1. Gunung Seulwah Agam
  2. Papandayan
  3. Dukono
  4. Sinabung
  5. Marapi
  6. Tangkuban Parahu
  7. Soputan
  8. Semeru
  9. Krakatau
  10. Gamkonora
  11. Talang
  12. Bromo
  13. Ibu
  14. Kerinci
  15. Ili Lewotolo
  16. Sangeang Api
  17. Gamalama
Bahkan beberapa gunung di Indonesia juga sudah ada yang masuk lecel SIAGA (level III) yakni;
  1. Gunung Ijen
  2. Lokon
  3. Rokatenda
  4. Karangetang
  5. Gunung Raung

Sepertinya, sabuk api Indonesia sedang pada masa krisis, semua sedang mengalami aktivitas level tinggi. Diharapkan masyarakat terus waspada dan selalu menjalin dan mencari informasi dari pemerintah setempat. Gunung Dieng masuk level waspada ini berarti kita juga harus waspada.

Judul artikel: Gunung Dieng Masuk Level Waspada!
Kategori :
Diposting pada: Selasa, Maret 12, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/03/gunung-dieng-masuk-level-waspada.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

1 komentar:

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.