Tips Memilih Jeruk Bali yang Manis Dan Berair

Tips Memilih Jeruk - Masih ingat dengan posting manfaat buah jeruk bali? Baca dulu sebelum mengetahui tips bagaimana memilih jeruk bali yang manis dan berair. Ketika musim jeruk bali sudah tiba, di pinggir jalan berderet penjaja jeruk bali. Mulai dari pedagang musiman yang memakai gubuk-gubuk dipinggir sawahnya, atau toko-toko buah, memajang jeruk bali bak buah segar berlimpah yang menggiurkan. Tapi mengapa jarang yang tergoda? Itu karena tidak tahu tipsnya. Banyak orang keliru memilih jeruk bali dan yang didapat hanya jeruk yang besar, masam, dan kering. Bagaimana memilih jeruk bali yang manis dan berair. Ikuti tips ini!

tips memilih buah jeruk bali manis


Pilih Jeruk yang Berat


Mengapa berat? Karena berat menandakan kadar air dalam kulit dan buahnya masih banyak. Caranya mudah saja, bandingkan beberapa buah jeruk bali dengan ukuran sama, pilihlah yang paling berat. Dengan kadar air masih banyak, sangat dimungkinkan daging buahnya segar manis dan tidak kering.

Pilih Jeruk yang Agak Lonjong atau Penyok Asli


Tidak diketahui alasan mengapa buah jeruk bali yang tidak bulat sempurna ini memiliki kandungan buah yang masih segar dan lebih manis. Sepertinya didasarkan kepada kebiasaan saja sih. Tak apalah kalau sekedar ingin memastikan tesis ini. Bila sobat memilih berdasarkan trik ini, pastikan saja bahwa jeruk bali yang penyok itu penyok asli dari sononya, dan bukan karena tertindih buah lain.

Pilih Jeruk yang Masih Keras


Jangan memilih membeli buah jeruk bali yang lembek dan lunak. Untuk memastikan ini, coba tekan buah jeruk bali, kalau ia keras dan tidak cekung maka kondisi jeruk masih baik. Sebaliknya, bila mudah cekung berarti sudah loyo, isinya mungkin sudah kering dan tidak manis lagi.

Pilih Jeruk yang Kulitnya Sedikit Licin (Seperti Berminyak)


Karena kulit buah segar dan baru cenderung berminyak maka bila sobat memilih buah jeruk dan menemukan yang sedikit berminyak bisa dimungkinkan jeruk ini masih baru. Bila jeruk sudah lama, biasanya kulitnya kering dan tidak berminyak lagi. Kulit yang berbintik tidak bermasalah asal masih didominasi oleh warna kuning terang.

Bagaimana, mudah bukan? Itulah tips memilih jeruk bali yang masih segar terasa manis. Lebih praktis lagi, anggap saja sebuah penelitian, yakni meneliti buah jeruk bali manis berdasar warna, tekstur kulit, dan berat. He he he. Kalau sobat mau mencoba ini, kayaknya saya siap jadi volunteer untuk mencicipi buah jeruknya. Cheer.

Judul artikel: Tips Memilih Jeruk Bali yang Manis Dan Berair
Kategori :
Diposting pada: Senin, Maret 11, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/03/tips-memilih-jeruk-bali-manis-berair.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.