Manfaat Kopi dan Teh Hijau Untuk Mengurangi Resiko Stroke

Resiko Stroke - Masih ingat dengan hasil penelitian mengenai minum secangkir kopi setiap hari ternyata tidak menyebabkan orang sering pipis sebagaimana mitos yang selama ini ada? Ternyata tidak hanya itu, kopi bahkan dapat mengurangi resiko terkena stroke. Hmm … Ampuh pula minuman yang satu ini, selain meningkatkan kinerja jantung, ternyata kopi dapat mengurangi resiko terserang penyakit stroke.

segelas kopi dapat mengurangi resiko stroke


Penelitian yang dilakukan Yoshihiro Kokubo dan kawan-kawan ini menganalisis kebiasaan minum teh hijau dan kopi pada 83.269 orang dewasa di Jepang yang berusia antara 45-74. Tidak tanggung-tanggung demi kekuatan data dan hasil penelitian, penelitian ini dilakukan sedikitnya selama 13 tahun. Dari penelitian ini dihasilkan bahwa orang-orang yang membiasakan minum teh hijau atau kopi jarang terserang stroke, bahkan mereka juga bebas dari penyakit kanker dan jantung.

Penelitian yang dipublikasikan di ahajournals.org ini dilakukan dengan mengulas catatan kesehatan peserta, catatan penyebab kematian, dan informasi mengenai penyakit jantung dan stroke.  Dalam 13 tahun masa penelitian, penelitian ini menyimpulkan bahwa teh hijau atau kopi dapat mengurangi resiko terserang stroke bila dikonsumsi secara tetap dan kontinyu. Hasil ini juga telah diselaraskan dengan data usia, jenis kelamin, faktor gaya hidup seperti kebiasaan merokok, minum alkohol, berat tubuh, pola makan dan kegiatan olahraga.

Yoshihiro Kokubo, kepala tim peneliti pada Pusat Kardiovaskular dan Saraf Nasional, Jepang, mengintrodusir bahwa penelitian ini adalah penelitian dengan skala besar pertama yang meneliti pengaruh gabungan antara teh hijau dan kopi pada resiko stroke. Bahkan ia menganjurkan untuk mencoba sedikit gaya hidup dengan mulai mengkonsumsi minuman teh hijau atau kopi sebagai menu minuman sehari-hari untuk mengurangi ancaman stroke.

Penelitian ini menunjukkan bahwa secangkir kopi sehari dapat mengurangi resiko stroke 20% lebih rendah daripada yang jarang minum. Teh hijau 2 atau 3 cangkir dapat mengurangi 14% serangan stroke. Bila porsinya ditambah, misalnya 4 cangkir, setidaknya orang tersebut mendapatkan 20% lebih rendah terkena stroke daripada mereka yang tidak pernah atau jarang minum teh hijau.

Stroke dikenal sebagai serangan gangguan syaraf yang umumnya diakibatkan oleh terjadinya pendarahan dalam otak. Pendarahan ini disebabkan oleh meledaknya pembuluh darah dalam otak.

Bagaimana? Menarik bukan? Bahwa minum kopi atau teh hijau setiap hari dapat mengurangi resiko stroke. Bila sobat ingin melihat bagaimana penelitian ini dilakukan dan data-datanya seperti apa? Sukur-sukur juga ada penelitian serupa di Indonesia, sobat dapat berkunjung ke ahajournals.org. Berikut adalah abstrak dari penelitian tersebut. Semoga bermanfaat dan jaga selalu kesehatan kita.

Judul artikel: Manfaat Kopi dan Teh Hijau Untuk Mengurangi Resiko Stroke
Kategori :
Diposting pada: Jumat, Maret 15, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/03/kopi-teh-hijau-mengurangi-resiko-stroke.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.