Memperingati Hari Wanita Sedunia

Baru tahu kalau hari ini adalah hari wanita sedunia. Kalau tidak buka Google dan melihat Google Doodle hari ini, bakalan tidak tahu kalau hari ini Jumat, 8 Maret 2013 adalah Women's Day. Dalam bahasan Indonesia disebut dengan Hari Perempuan Internasional.

memperingati hari wanita sedunia
Selamat Memperingati Hari Perempuan Internasional

Dalam sejarahnya, Hari Wanita Sedunia didasarkan pada tanggal ketika para pekerja pabrik tekstil dan pakaian di New York melakukan demo atas kondisi kerja mereka yang buruk. Pada 8 Maret 1857 para pekerja ini memprotes kondisi kerja dan apa yang mereka dapatkan selama ini sangat tidak patut. Kondisi kerja buruk dan gaji rendah. Saat itu mereka dihalau dan dibubarkan oleh polisi setempat. Namun dua tahun kemudian mereka membentuk serikat kerja di bulan yang sama.

Beberapa negara di dunia merayakan hari wanita sedunia sejak tahun 1910 dan 1920. Setelah lama vakum dan tidak muncul lagi perayaan hari wanita sedunia, pada tahun 1960 mulai ada lagi. Pada saat itu wacana feminisme sudah mulai marak dan masuk ke berbagai negara. Sampai kemudian pada tahun 1975 PBB mendukung dan mensponsori diadakannya hari wanita sedunia.

Selain demonstrasi pekerja wanita pada tahun 1875, peristiwa lain yang turut menunjang peringatan Hari Wanita Sedunia adalah peristiwa gugurnya 140 perempuan saat terjadi kebakaran di pabrik Triangle Shirtwaist New York tahun 1911.

Saat ini ada banyak negara di dunia yang turut merayakan Hari Wanita Sedunia. Di antaranya  adalah Albania, Algeria, Argentina, Armenia, Australia, Azerbaijan, Bangladesh, Belarus, Bhutan, Bosnia and Herzegovina, Brasil, Bulgaria, Burkina Faso, Kamboja, Kamerun, Chili, China, Kolombia, Kosta Rika, Kroasia, Kuba, Siprus, Ekuador, Estonia, Denmark, Finlandia, Georgia, Yunani, Hungary, Iceland, India, Italia, Israel, Laos, Latvia, Lituania, Kazakhstan, Kosovo, Kyrgyzstan, Macedonia, Malta, Meksiko, Moldova, Mongolia, Montenegro, Nepal, Norway, Poland, Portugal, Romania, Rusia, Serbia, Slovakia, Slovenia, Afrika Selatan, Swedia, Spanyol, Suriah, Taiwan, Tajikistan, Thailand, Turki, Turkmenistan, Ukraina, Uruguay, Uzbekistan, Vietnam, dan Zambia.

Banyak juga ya negara di dunia yang memperingati Hari Wanita Sedunia ini. Bagi para wanita sedunia termasuk istriku, ibuku, nenekku, dan semuanya, saya ucapkan " Selamat Hari Wanita Seduania" atau "Selamat Hari Perempuan Internasional," semoga semangatnya mampu memeberi dampak positif bagi kita semua.

Judul artikel: Memperingati Hari Wanita Sedunia
Kategori :
Diposting pada: Jumat, Maret 08, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/03/memperingati-hari-wanita-sedunia.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.