Manfaat Kimchi dalam Menurunkan Kolesterol

Manfaat Kimchi dalam Menurunkan Kolesterol - Punya kadar gula darah tinggi? Sering lemas dan tidak bertenaga karena kadar gula darah mudah turun drastis (drop)? Kolesterol dalam darah meningkat? Dan semua gejala yang diakibatkan oleh kadar gula darah dan kolesterol membuat Anda pusing setiap hari? Anda merasa kalah menghadapi serangan hipertensi dan diabetes? Maka cobalah makan Kimchi tiap hari! Karena kimchi dapat menjaga kadar kolesterol dan menurunkan gula darah.

kimchi dapat menurunkan kolesterol


Setidaknya itulah informasi yang dihasilkan dari penelitian Pusan National University di Korea dan diterbitkan pada Journal of Medicinal Food. Penelitian itu menunjukkan bahwa orang yang rutin makan kimchi tiap hari dapat menjaga kadar kolesterolnya dan menurunkan kadar gula darah yang meningkat.

Makanan berasal dari Korea yang terbuat dari hasil fermentasi sayuran ini ternyata mempunyai khasiat tinggi bagi kesehatan. Makanan hasil fermentasi ini berbahan dasar sawi, cabai dan beberapa sayuran lainnya, terasa asam segar dan nikmat menjadi pelengkap hidangan tiap hari. Bahkan pada tahun 2012, kimchi dipilih sebagai makanan superfood dunia, yakni makanan sehat di dunia. Sudah tahu cara membuatnya? Kalau belum, baca posting tentang resep cara membuat kimchi.

Pusan National University di Korea melakukan penelitian dengan subjek 100 pemuda Korea.Treatmen yang dilakukan adalah menyuruh mereka untuk makan kimchi sebanyak 226 gram per hari (ukuran ini termasuk ukuran besar). Satu kelompok lagi, mendapatkan treatmen untuk makan kimchi lebih sedikit, sekitar 50 gram tiap hari. Setelah dilakukan pada dua kelompok ini selama satu minggu, peneliti kemudian melakukan cek pada kedua kelompok tersebut.

Hasilnya, kadar kolesterol rendah untuk peserta yang makan kimchi lebih banyak. Sebaliknya, mereka yang makan kimchi sedikit, kadar kolesterolnya lebih banyak. Peneliti memberi alasan bahwa kandungan vitamin A, B dan C serta Lactobacillus dalam kimchil-lah yang berpengaruh pada penurunan kadar kolesterol.

Mengenai lactobacillus yang ada dalam kimchi, memang sudah diketahui kehebatan bakteri ini. Bahwa lactobacillus diyakini dapat mengikat kolesterol dalam usus kecil, karena itu,ia dapat menghalangi lemak agar tidak terserap dalam aliran darah. American Heart Association's Scientific Session juga pernah melakukan penelitian yang menghasilkan data bahwa pemberian lactobasillus dalam dosis tertentu setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Masih ingat dengan bahaya peningkatan kadar kolesterol jahat dalam posting sebelumnya? Baca lagi deh …

Itulah sedikit tips kesehatan menarik bagi kita semua tentang manfaat kimchi dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Memang ada banyak macam ragam pilihan makanan di dunia,termasuk kimchi Korea yang menyehatkan ini. Kita bisa mengapresiasi segala kekayaan intelektual masing-masing daerah tersebut. Semoga tips kesehatan ini bermanfaat bagi kita semua.

Judul artikel: Manfaat Kimchi dalam Menurunkan Kolesterol
Kategori :
Diposting pada: Kamis, Maret 07, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/03/manfaat-kimchi-menurunkan-kolesterol.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.