Menjadi Guru Inti di Kurikulum 2013

Sejak bergulirnya wacana mengenai kurikulum baru kurikulum 2013, masyarakat Indonesia khususnya para pegiat pendidikan terus mendiskusikan dan membahas hal ini. Dalam masa uji publik ini, sekolah pelaksana kurikulum 2013 dan guru-guru sasaran pelatihan telah ditetapkan. Mereka nantinya yang akan melaksanakan kurikulum 2013 ini sekaligus sosialisasi dan pemantapan. Bagi guru yang akan mendapatkan pelatihan ini disebut dengan "guru inti". Bagaimana cara mendaftar menjadi guru inti?

pendaftaran dan pelatihan guru inti 2013
Ayo pak guru, majukan bangsa ini, ajari jangan suka korupsi .... Amin


Guru inti terus dibuka bagi guru saiapa saja sampai pada saat ditetakannya kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) membuka pendaftaran menjadi guru inti. Guru yang tertarik menjadi guru inti pada kurikulum baru ini dapat mengajukan diri pada Kabupaten/Kota atau bisa melalui pihak kementerian apabila dirasa guru tersebut memenuhi kriteria menjadi guru inti.

Guru yang akan ditetapkan sebagai guru inti akan dilihat dari prestasi mereka selama ini. Pengalaman mereka dalam mengajar dan hasil Uji Kompetensi Guru akan dijadikan sebagai dasar dari pemilihan guru inti. Bila guru yang melamar telah memenuhi hal ini dan dinilai layak untuk dijadikan sebagi guru inti, maka mereka akan masuk sebagai guru inti.

"Silakan jika memang sesuai dengan kriterianya, kami terbuka bagi guru yang ingin menjadi guru inti," kata Nuh di Jakarta. (Sebagaimana dilansir Kompas pada Jumat 1 Maret 2013).

Selain membuka ruang bagi guru untuk mengajukan diri menjadi guru ini, Kemdikbud juga telah mempunyai data guru yang mereka nilai bakal jadi guru inti. Kemdikbud nantinya akan meminta kepada Kabupaten/Kota untuk melakukan verifikasi pada guru usulan dari Kemdikbud apakah nama/data guru tersebut sesuai atau tidak untuk menjadi guru inti.

Kemudian, pada saat verifikasi, Kabupaten/Kota kemudian bisa menyertakan nama guru tambahan yang diusulkan untuk menjadi guru inti pada pelatihan guru di Kurikulum 2013 ini. Pelatihan guru ini akan dilakukan secara berjenjang dari instruktur nasional, guru inti dan guru sasaran. Instruktur nasional ini diperkirakan jumlahnya mencapai 666 dan akan melatih para guru inti yang jumlahnya ribuan. Nantinya para guru inti ini yang akan melatih guru sasaran atau guru mata pelajaran yang menjalankan langsung kurikulum baru pada pertengahan Juli mendatang.

Karena itu, sebagai informasi, para guru yang merasa mumpuni dan ingin berkiprah dalam penetapan kurikulum 2013 ini bisa mendaftarkan diri ke Kabupaten/Kota untuk menjadi guru inti. Mumpung pemerintah masih membuka pendaftaran untuk menjadi guru inti.

Judul artikel: Menjadi Guru Inti di Kurikulum 2013
Kategori :
Diposting pada: Sabtu, Maret 09, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/03/menjadi-guru-inti-di-kurikulum-2013.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

0 komentar:

Poskan Komentar

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.