Sejarah Pancake dan Tradisinya di Dunia


Pancake adalah kue sederhana dan praktis pembuatannya. Bagaimana sejarah pancake dan tradisinya di dunia? Kue yang berbahan dasar telur, tepung terigu, susu, dan beberapa tambahan lain, seperti kayu manis atau gula ini mempunyai ragam yang berbeda-beda di dunia. Yang khas dari pancake adalah topping, meski tidak semua pancake memakai topping, pancake yang dihias dengan topping terlihat lebih indah dan lebih enak dimakan. Topping bisa berupa macam-macam, seperti; syrup, mentega, selai, jelly, madu, atau buah-buahan.

Ada yang merayakan hari pancake (Pancake Day) atau Shrove Tuesday, konon karena pancake pertama kali dibuat hari selasa, he he he, saksinya pembuat pancake dan yang memakannya. Yang paling populer adalah tradisi Pancake Race yakni peringatan memasak pancake bersama-sama di Inggris, peserta harus berlari sambil membawa pancake di wajan yang masih panas, melemparkannya, dan tidak boleh jatuh.
Karena itu pancake menjadi unik bila dimasak dengan teknik tertentu, biasanya hanya untuk hiburan dan malam-malam peringatan, pancake dimasak dengan cara memanggangnya dan melemparkannya ke udara.

sejarah pancake dan tradisinya

Tradisi Memasak Pancake di Dunia


Pancake ini, karena cara memasaknya yang mudah, hampir bisa ditemukan di setiap daerah di dunia. Ada ribuan jenis pancake di dunia. Nama dan cara penyajiannya pun berbeda-beda.

Pancake di Amerika Utara
Jenis pancake di Amerika Utara biasanya tampil dengan rasa manis dengan topping buah-buahan.  Bahannya juga sering ditambah dengan daging sapi, pisang, atau chocolate chips. Pancake berdiameter 7 cm yang terkenal di sana disebut dengan pancake silver dollar. Pancake jumbo ini disajikan 5-10 potong dalam satu porsi. Ada juga pancake jumbo yang berdiameter 30 cm, pancake ini lebih tipis dan kering, sangat diminati di Amerika Serikat.

Kanada dan Amerika Serikat adalah negara dengan peminat pancake paling banyak. Biasanya pancake digunakan sebagai menu sarapan. Saking larisnya, ada satu restoran yang khusus menyuguhkan pancake dengan nama Internasional House of Pancake (IHOP). Restoran ini bahkan mempunyai lebih dari 1000 outlet. Selain sarapan pagi, di sana juga dikenal istilah pancake supper atau makan malam pancake, acara ini digunakan pada malam aksi penggalangan dana dengan menggunakan pancake.

Pancake di Jerman
Di Jerman, panceke disebut dengan Dutch Baby Pancake. Bentuknya lucu, dibuat seperti mangkuk besar dan kecil, biasanya ditambah dengan topping jeruk lemon, gula bubuk, selai, atau manisan apel. Sebutan lain di Jerman untuk pancake adalah pfannkuchen. Masyarakat Berlin, Brandenburg, dan Saxonia menyebut pancake dengan berliners.

Pancake di Australia, Prancis, dan Brazil
Masayarakat Australia biasanya menyantap pancake sebagai hidangan pembuka (appetizer). Bahannya secara umum sama saja, terdiri dari telur, susu, dan tepung terigu. Masyarakat Perancis dan Brasil menyebut pancake dengan crepes. Berbentuk tipis dengan topping buah-buahan, es krim, bahkan seafood.

Pancake di Belanda, Austria, Polandia, dan Norwegia
Orang Belanda menyebutnya dengan pannekoek, biasanya disajikan untuk supper. Dibanding crepes, bentuk pannekoek lebih tebal dan besar, toppng biasanya menggunakan irisan buah apel, keju, daging sapi, atau permen jahe yang disiram dengan stroop atau sirup manis.

Palatschicken, begitu orang  Austria menyebut pancake. Biasanya ditambah dengan lapisan selai apricot, cokelat cair, atau hazelnut. Berbeda lagi dengan orang Polandia, Polandia menyebut pancake dengan nales niki, biasanya ditambah dengan buah-buahan segar atau selai, ayam goreng, ikan tuna, daging sapi, dan kentang. Orang norwegia menikmati pancake dengan tambahan gula atau selai blueberry. Di sana,  pancake juga biasa disajikan bersamaan dengan sup panas.

Pancake di Afrika dan Asia
Orang Afrika menyebut pancake sama dengan orang Belanda pannekoek, biasanya dimakan saat cuaca dingin atau hujan, dengan tambahan kayu manis, gula, atau lemon juice.

Untuk Asia, sebutan untuk pancake berbeda-beda. India menyebutnya dengan ‘dosa’, Malaysia menyebutnya dengan ‘apom balik,’ China menyebutnya ‘mee chian kuih,’ Filipina menyebutnya ‘hotcakes,’ Vietnam menyebutnya ‘bánh xèo,’ ‘bánh khot,’ dan ‘bánh khodi.’

Pancake di Indonesia
Pancake di Indonesia ada banyak sekali. Masyarakat sudah mengenalnya sejak dahulu dan asli khas pancake Indonesia. Beberapa kue yang menurut saya adalah pancake Indonesia adalah, apem, bikang, kucur, kerak telor, serabi, wes uakeh pokoe. He he he. Kalau belum pernah dengan nama jajanan tradisional ini, cari aja di google image, pasti ketemu bentuknya.

Itulah sedikit sejarah pancake dan tradisi pancake di dunia. Ingin membuat sendiri pancake? Coba resep pancake sederhana tanpa lengket yang saya sharing. Keep sharing and writing …

Judul artikel: Sejarah Pancake dan Tradisinya di Dunia
Kategori :
Diposting pada: Jumat, Maret 15, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/03/sejarah-pancake-dan-tradisinya-di-dunia.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.