Bagaimana Cara Memilih Celana Jeans Yang Tepat?

Tips - Memilih celana jeans pada dasarnya sama dengan cara memilih celana kain yang lain. Namun karena celana jeans adalah jenis celana yang paling mudah berubah trend, maka perlu tips khusus agar sobat bisa memilih jeans yang tepat dan tidak mudah tergerus trend.

Masih ingat dengan posting model celana pria terbaru sebelumnya? Kali ini khusus untuk celana jeans baik pria maupun wanita. Semua jenis model pakaian termasuk celana adalah bagian dari fashion yang selalu terombang ambing oleh gaya dan trend sesaat. Biasanya hal itu dipengaruhi oleh para artis (dalam dan luar negeri), politik dagang, citra media massa, opini designer, film terbaru, game terbaru, dan lain-lain. Ya setidaknya beberapa hal itulah yang paling mempengaruhi trend pakaian. Mengenai politik dagang memang tidak biasa tercover, padahal dari sinilah sebenarnya citra sebuah mode pakaian ikut diwacanakan. Ketika sebuah perusahaan meluncurkan produk celana jeans baru, tentu ia harus melakukan berbagai pencitraan. Misalnya dengan memakai keteranaran artis sebagai ikon produk terbaru tersebut. Tentu saja hal ini untuk meraih banyak konsumen.

Posisi kita sebagai konsumen adalah objek murni dari perdagangan dan fashion dunia. Bila kita merasa cocok dengan satu mode celana jeans terbaru, sebenarnya itu bukan murni pemikiran kita, tetapi hasil sumbangan pemikiran dari, iklan mode, komentar artis, dan fenomena sekitar. Tentu saja bukan cara yang bijak membeli celana jeans dengan alasan trend mode. Karena itu adalah bentuk takluk kita pada perang iklan mode pakaian. Bagaiana menghindari hal ini?


Cara Memilih Celana Jeans Baru



Berikut adalah beberapa tips memilih celana jeans yang tepat bagi seseorang yang sadar akan nilai fungsi pakaian.

1. Suitable alias cocok dan pas

Pertama kali yang perlu wanita dan pria perhatikan saat memilih celana jean adalah ukurannya. Ini bisa jadi tidak perlu diingatkan, siapa sih yang ingin celana jeans nya terlalu kecil atau terlihat kedodoran? Ya, memang tidak perlu diingatkan. Tapi bagi fashionista nista yang lain yang sudah termakan mode, ukuran tidak soal, yang penting ikut mode terbaru, nanti di rumah bisa di permak. Entah yang dipermak celananya atau tubuhnya. Kalau kekecilan tentu susah sekali mengecilkan pantat. Ternyata ada juga lho yang memaksakan ini, akibatnya, celana kekecilan tetap dipakai dengan mengorbankan sebagian celana dalam dan sedikit pantat terlihat orang lain. Katanya mode. Walah-walah, ada-ada saja. Kalau kebesaran gimana, mudah saja, tinggal sedikit mengganjal bagian pantat, celana yang kedodoran akan lebih terlihat seksi. He he he. Waduh-waduh, ini namanya penipuan publik! Karena itu, bagaimanapun juga, memilih celana jeans dengan ukuran yang pas dan cocok itu harus terus diingatkan, agar celana yang tidak cukup untuk menutup bagian tubuh tidak terbeli.
Tips: agar ukuran pinggang tidak kekecilan atau kebesaran, ukurlah dengan menggunakan panjang lengan tangan. Caranya, kancing celana jeans dan masukkan lengan tangan sampai siku. Bila ukurannya pas, maka umumnya akan pas dikenakan. Untuk memastikannya, ada baiknya dicoba dahulu di kamar ganti atau kamar coba pakaian.

2. Ingat, Mode Celana Cepat Berubah

Membeli satu jenis celana jeans untuk satu momen trend lebih baik. Jangan gegabah karena sedang trend, sobat membelinya sebanyak-banyaknya. Saat uang sobat habis, tiba-tiba trend celana jeans terbaru sudah berubah lagi. Wah kalau tau gini beli satu saja dulu ya. Iya menyesal kan? Karena itu, jangan mubadzir dengan uang. Pergunakan sesuai kebutuhan. Belilah celana jins pada kategori tertentu satu jenis saja, tunggu bulan atau tahun depan, celana jeans yang Anda pakai sudah terlihat norak. Bila mengalami ini, Anda perlu tips bagaimana membuat pakaian lama menjadi trendy pada posting sebelumnya.

3. Bahannya Bagus

Celana jeans terkenal celana yang paling susah di cuci. Masih ingat iklan “hilangkan jins dari muka bumi.” Materi iklan sabun cuci yang mengambil angel pada kemudahan mencuci celana jeans. Tidak salah memang, bahwa celana jean itu celana tebal yang susah mencucinya. Masih ingat sejarah celana jeans kan? Memang celana jeans berasal dari celana yang digunakan para pekerja tambang zaman dahulu, berbahan tebal dan kasar. Namun sekarang ditiru digunakan kita semua, termasuk para artis. Karena bahannya yang tebal, sobat harus memilih jeans dengan bahan yang kuat tapi tetap terasa lentur. Hal ini untuk menjamin lamanya masa pakai dan mudah untuk dicuci.

4. Awas Luntur

Warna celana jeans diberikan dengan cara memasak celana dengan pewarna pakaian. Sangat mungkin saat dibilas masih menyisakan warna yang tidak terserap pada kain celana jeans. Untuk menghindari hal ini, pilih celana dengan warna yang tidak sangat pekat. Kalau hitam ya hitamnya normal tidak sangat hitam, begitu pula warna lain, biru, putih, merah, orange, hijau eh ada gak ya celana jeans warna hijau, he he he. Untuk memastikan pilihan warna ini, sebaiknya hindari etalase toko yang memajang jelana jeans dengan sorot lampu berwarna. Ini bisa membiaskan pandangan kita pada warna sebenarnya celana tersebut. Kalau mau beli di pasar tradisional sebenarnya lebih baik, karena lampu di sana umumnya normal. Bila beli di Mall, saat mencoba di bilik ganti, itulah saat yang tepat memperhatikan warnanya. Jangan lupa menggesek sedikit dengan jari atau kuku, bila ada warna yang tertinggal di kulit jari atau kuku, bisa dipastikan warnanya akan luntur. Bila tetap membelinya, saat mencuci pertama kali pisahkan dengan pakaian lain.

5. Penjahit Juga Manusia

Jahitan celana jeans patut diperhatikan. Anda tidak ingin kan, saat pertama kali memakainya, ternyata tiba-tiba saja sobek. Jangan malu-malu memeperhatikan jahitan mulai dari atas hingga bawah. Pastikan bahwa tidak ada satupun jahitan yang kurang, tidak bersambung, atau benangnya menyembul. Pastikan juga kerapian jahitan, jahitan yang tidak rapi bisa mengurangi estetika celana jeans. Saku dalam jangan lupa, terkadang saku dibiarkan tidak terjahit karena lupa.

6. Harga Pantas dan Cucok

Kalau yang satu ini tidak usah diberitahu. Kalau harga dan barang cocok, bungkus. Tapi ingat jangan memaksa diri. Harga cocok bukan berarti sobat memaksakan uang yang ada di dompet untuk membeli celana jeans tersebut. Selalu pertimbangkan kebutuhan dan kondisi keuangan sobat. Otree.

Menghindari Dinamika Mode Celana Jeans




Agar sobat tidak terus menerus terombang ambing oleh trend mode saat ini. Ada baiknya Anda juga mawas diri dan melakukan beberapa tips ini.

1. Memahami Nilai Fungsi dan Citra

Iklan tidak diminta untuk diperhatikan tapi suka mencuri perhatian. Iklan itu punya sifat tiba-tiba nyelonong ke alam pikiran bawah sadar manusia. Untuk menghindari ini, tidak ada cara lain kecuali mendasarkan pikiran kita pada nilai dasar pakaian. Nilai fungsi pakaian adalah untuk menutup bagian tubuh kita. Selebihnya adalah citra. Saat kita akan ke kantor, kita butuh pakaian untuk menutup badan. Mengapa saya memilih kemeja adalah citra yang melingkupi suasana dan wacana kantor yang terbangun dalam pikiran saya. Jelasnya, selalu bandingkan nilai fungsi pakaian yang kita pakai, bila ada satu citra yang menurut kita berlebihan, hindari!

2. Memilih yang Standar

Memilih celana jeans yang standar seperti berwana gelap dengan model biasa saja, akan bisa dipakai lebih lama dan cocok untuk segala suasana. Bandingkan dengan misalnya trend celana robek-robek, celana ini bagus untuk satu momen, tapi tidak cocok untuk momen yang lain. Memang biasanya pemakai beralasan memakai celana jeans robek-robek sebagai tanda anti kemapanan, out of the box, dan lain-lain. Ekspresif kan? Memang, Anda juga tidak salah terkadang mengambil satu momen ini tapi bukan berarti Anda tidak butuh dengan yang standar. Terlebih bagi yang punya uang pas-pasan. Ketika semua teman sobat ramai memakai celana sobek-sobek, dan sobat sendiri yang memakai celana jean flat, berarti Anda yang out of the box! Selamat, sobat tidak termakan mode. Dan, ini menyelamatkan keuangan sobat untuk keperluan lain yang lebih bermanfaat.

Ya itulah sedikit unek-unek ane selama ini melihat trending mode yang menggila saat ini. Semoga tips bagaimana memilih celana jeans yang tepat ini bisa menjadi sedikit hiburan, eh kok hiburan, menjadi sedikut sumbangan pemikiran untuk sobat semua. Like-like-like ....

Judul artikel: Bagaimana Cara Memilih Celana Jeans Yang Tepat?
Kategori :
Diposting pada: Minggu, Maret 17, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/03/memilih-celana-jeans-tepat.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

1 komentar:

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.