Sumber Makanan Untuk Kekebalan Tubuh

Kekebalan Tubuh - Ada banyak makanan yang bisa digunakan sebagai sumber kekbalan tubuh terhadap berbagai serangan penyakit. Makanan memang mempunyai peranan sangat penting dalam menjaga vitalitas tubuh termasuk menjaganya dari serangan berbagai penyakit alias berfungsi sebagai sumber kekebalan tubuh. Nutrisi dalam makanan seperti berbagai vitamin dan zat baik lainnya berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Apa saja sumber makanan yang bisa menjaga sistem kekebalan tubuh manusia? Berikut ini adalah jenis makanan yang memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Jenis Makanan yang Menunjang Kekebalan Tubuh


Beberapa makanan ini dapat meningkatkan sistem imunitas dan meningkatkan produksi sel-sel darah putih yang bermanfaat untuk melawan infeksi, serangan virus dan bakteri.


Buah Jeruk dan Lemon


Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mempercepat dan menjaga produksi sel darah putih. Terjaminnya produksi sel darah putih berarti terjamin pula sistem immun dalam tubuh untuk melawan virus. Buah yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk dan lemon adalah sumber penting untuk menjaga kekebalan tubuh (baca kembali artikel manfaat jeruk). Biasakan untuk membuat perasan air jeruk yang diseduh dengan air panas untuk minuman harian, sebaiknya diminum di pagi hari.


Telur dan Daging Merah


Protein, zat besi dan vitamin A sangat berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh manusia. Kekurangan protein, zat besi dan vitamin A dapat menurunkan kekebalan tubuh. Jenis makanan yang cocok dan mengandung zat-zat tersebut adalah telur dan daging merah. Masih ingat kan, mengapa orang turki memasukkan telur dalam menu sarapan sehat mereka? Ya, karena telur mengandung vitamin A yang bersifat antioksidan. Tentunya sangat berguna dalam membantu melawan bakteri atau virus. Daging merah juga mengandung protein hewani yang baik dan zat besi.

Ikan dan Jenis Seafood Lainnya


Masih ingat dengan tulisan sebelumnya tentang manfaat makan ikan? Dengan kandungan nutrisi yang luar biasa, ikan adalah sumber tinggi zat besi yang sangat menunjang sistem kekebalan tubuh manusia. Segala jenis seafood, seperti kerang, tiram dan udang adalah jenis makanan yang memiliki kandungan zat besi tinggi.

Demikian beberapa jenis sumber makanan yang menunjang sistem kekebalan tubuh manusia. Anda bisa membuat pola makan sehari-hari dengan menerapkan beberapa jenis sumber makanan di atas sebagau usaha untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita. Selamat mencoba!

Judul artikel: Sumber Makanan Untuk Kekebalan Tubuh
Kategori :
Diposting pada: Minggu, September 29, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/09/sumber-makanan-untuk-kekebalan-tubuh.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.