Cara Memilih Sikat Gigi dan Pasta Gigi Yang Baik

Memilih Sikat Gigi - Masih ingat dengan posting cara merawat gigi agar kuat sampai tua? Kali ini saya sharing juga tentang cara memilih sikat gigi yang baik dan tepat. Posting ini sengaja untuk melengkapi cara merawat gigi terdahulu. Dengan memilih sikat gigi yang tepat, maka usaha kita untuk bisa melakukan perawatan gigi bisa semakin sempurna.

Sikat gigi yang tersedia di toko memang ada banyak sekali terkadang kita menjadi kesulitan waktu memilihnya. Untuk mengetahui sikat gigi manakah yang baik dan membantu kita membersihkan gigi? Ada beberapa kriteria yang perlu kita ketahui.

Kriteria Sikat Gigi Yang Baik


  1. Sikat gigi dapat menjangkau seluruh permukaan  gigi.
  2. Sikat gigi tidak berpotensi melukai gusi saat dipakai. 
  3. Bulu sikat gigi sebaiknya terbuat dari bahan yang cukup lembut
  4. Sikat gigi berujung sedikit meruncing sehingga dapat dengan mudah menjangkau gigi-gigi sebelah dalam.

Tips Perawatan dan Penyimpanan Sikat Gigi


  1. Ganti sikat setiap bulan. 
  2. Simpan sikat gigi sebaiknya pada wadah yang bersih dan tidak terkena serangga. 
  3. Jangan mengumpullkan sikat gigi dalam satu wadah untuk menghindari kontaminasi.
  4. Beri jarak antar sikat gigi dalam wadah.

Tips Memilih Pasta Gigi atau Odol


Ada banyak pasta gigi di toko. Setiap merk mempunyai komposisi kandungan tertentu yang berbeda-beda. Beberapa zat yang dikandung pasta gigi adalah sebagai berikut:

  1. Zat abrasif
  2. Deterjen
  3. Flour
  4. Soda
  5. Triclosan

Zat abrasif berfungsi untuk membersihkkan gigi, sedangkan munculnya busa adalah karena kandungan deterjen. Flour sangat penting dalam pasta gigi. Flour berguna untuk mencegah luruhnya mineral-mineral (demineralisasi) pada permukaan gigi serta mengurangi produksi asam oleh bakteri mulut. Hal ini berarti mengurangi kemungkinan terjadinya gigi berlubang.

Kandungan soda dalam pasta gigi berguna untuk menurunkan menurunkan kadar keasaman dalam rongga mulut. Triclosan adalah senyawa anti bakteri yang berguna untuk mengontrol plak.Selain beberapa zat di atas ada juga pasta gigi yang mengandung zat tertentu seperti kandungan enzim yang berfungsi meningkatkan ludah dalam membunuh bakteri dan lain-lain.

cara memilih sikat dan pasta gigi yang baik dan benar


Hampir semua pasta gigi mempunyai kandungan yang berfungsi membantu membersihkan gigi dan melawan terjadinya lubang gigi. Karenanya, Anda dapat memilih pasta gigi mana suka sesuai dengan enzim-enzim yang dikandungnya.

Untuk anak-anak, sebaiknya penggunaanpasta gigi ditangguhkan sampai anak bisa berkumur dan menyemprotkan air. Pasta gigi yang tertelan bisa menyebabkan fluorosis (kelebihan flour) sehingga giginya menjadi berbercak-bercak.

Hal yang perlu diperhatikan sekarang adalah bagaimana Anda melakukan perawatan gigi. Sikat gigi dan pasta gigi hanyalah alat, yang terpenting adalah bagaimana melakukannya. Baca posting sebelumnya untuk lebih jelas.

Terimakasih telah membaca posting saya mengenai bagaimana cara memilih sikat gigi dan pasta gigi yang baik dan benar. Dengan informasi ini setidaknya kita telah mengetahui cara terbaik dalam merawat gigi kita. Jangan lupa sharing ke teman yang lain barangkali bermanfaat.

Judul artikel: Cara Memilih Sikat Gigi dan Pasta Gigi Yang Baik
Kategori :
Diposting pada: Senin, September 02, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/09/cara-memilih-sikat-gigi-dan-pasta-gigi.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.