Bahan Obat Sakit Gigi Tradisional Alami Andalanku

Sakit Gigi - Pernah merasakan sakit gigi? Wow sangat mengganggu bukan? Pada kondisi seperti itu, terkadang penderita jadi kehilangan akal sehat dan mencoba segalanya yang bisa mengurangi rasa sakit. Agar terhindar dari gejala seperti ini, Anda harus menyiapkan dahulu cara penanggulangan rasa sakit gigi dengan obat sakit gigi. Anda tidak harus selalu ke dokter untuk mengobati sakit gigi. Pengalaman saya, karena ada gigi geraham baru yang tumbuh pada posisi paling pojok menjadikan gigi tersebut sulit dijangkau sikat gigi, meski sudah merawatnya dengan tambahan cairan pembersih, tetap saja terkadang mucul sakit gigi. Untungnya ada beberapa resep pengobatan alami yang saya anggap cukup ampuh mengobati sakit gigi. Apa saja resep tersebut? Berikut adalah beberapa obat sakit gigi alami yang bisa Anda coba.

Beberapa Resep Obat Sakit Gigi Alami

Berikut adalah beberapa bahan tradisional alami yang bisa digunakan untuk meredakan rasa sakit gigi sebelum ke dokter.

obat sakit gigi tradisional alami

Asam Tua + Garam


asem jawa tua untuk obat sakit gigi

Ini adalah cara pengobatan sakit gigi alami andalan saya. Dalam kulkas selalu tersedia asam tua untuk kebutuhan dapur dan terkadang untuk mengobati sakit gigi. Caranya: Seduh 1 sendok teh asam tua dan 1 sendok teh garam dengan air panas seperempat gelas. Aduklah hingga melebur semuanya, buang dulu isi dan kulit asam bila tercampur. Dinginkan sampai menjadi hangat kuku. Saat masih hangat gunakan untuk berkumur, tunggu beberapa menit sakit gigi akan hilang. Bisa digunakan pula untuk sakit gigi yang masih membandel saat menjelang tidur. Sebelum tidur setelah sikat gigi berkumurlah dengan cairan asam tua dan garam tadi kemudian tidur. Biasanya, saat bangun tidur gigi yang bengkak sudah kempes.

Batang dan Daun Serai (Sereh)


daun dan pohon serai sebagai obat sakit gigi

Batang dan daun serai (jawa: sereh, bukan sirih) yang biasa digunakan untuk bumbu penambah aroma masakan, ternyata juga bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi. Caranya, rebus 40 g serai segar dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Berkumurlah dengan cairan tersebut beberapa menit.

Bawang putih


bawang putih bisa obati sakit gigi

Bawang putih mengandung antiseptik yang bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi. Caranya, ambil saja bawang putih, kemudian gigit menggunakan gigi yang sakit, paksakan saja dan diamkan beberapa menit. Bila perlu, setelah mengeluarkan bawang putih, mulut dibilas dengan air hangat.

Cengkeh, Daun Cengkeh atau Minyak Cengkeh


pohon, buah, dan daun cengkeh bisa obati sakit gigi

Cengkeh bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi dengan cara mengunyahnya menggunakan gigi yang sakit, arahkan posisi lumatan cengkeh pada gigi yang sakit dan diamkan beberapa menit.
Daun cengkeh juga mempunyai kandungan yang bisa menurunkan sakit gigi. Caranya, ambil daun cengkeh, seduh dengan air panas, di tekan-tekan pakai sendok agar sedikit lumat, kemudian ambil cairannya untuk ditetes pada gigi yang sakit. Bisa menggunakan kapas atau kain untuk meneteskan cairan. Dibuat berkumur juga bisa namun usahakan berkumur agak lama sebelum dimuntahkan.
Kalau tidak bisa mendapatkan daun cengkeh, Anda bisa mencari minyak cengkeh di toko. Minyak cengkeh juga punya khasiat sama dengan daunnya. Caranya, teteskan minyak cengkeh beberapa kali pada gigi yang sakit.

Teh Hangat


teh hangat untuk obat sakit gigi cepat

Dalam kondisi panik ketika sudah masuk kantor dan tiba-tiba sakit gigi menyerang, teh bisa jadi andalan untuk mengurangi rasa sakit gigi, karena teh dapat membantu menghilangkan bakteri di mulut dan mengurangi rasa sakit sementara. Gunakan teh panas tanpa gula. Saat meminumnya, diamkan beberapa saat pada mulut.

Cabe Rawit


cabe rawit bisa obati sakit gigi

Senyawa capsaicin pada cabe rawit dapat berfungsi sebagai pereda rasa sakit. Caranya, larutkan cabe ke dalam air panas, celupkan kapas, peras sedikit dan letakkan di gigi.

Getah Jarak


getak jarak bisa untuk oabt sakit gigi tradisional

Getah jarak dapat berfungsi untuk mengurangi rasa sakit gigi. Caranya, teteskan getah jarak pada gigi yang sakit. Bisa juga dengan cara mengambil getah jarak menggunakan kapas, masukkan kapas pada gigi yang sakit.

Akar Kangkung


akar kangkung bisa digunakan obat sakit gigi alami

Masak sayur kangkung sih sering, tapi menggunakan akarnya hampir tidak pernah terbersit dalam akal. Ternyata, akar kangkung punya khasiat untuk mengurangi rasa sakit gigi. Caranya, sediakan segenggam akar kangkung, 1/2 sdt cuka, direbus dengan 1 gelas air. Gunakan air rebusannya untuk berkumur.

Akar Meniran


sakit gigi bisa diobati dengan akar meniran

Meniran menjadi terkenal setelah banyak para pakar pengobatan herbal menunjukkan khasiat luar biasa yang dikandung meniran. Beberapa penyakit seperti ginjal, gangguan saluran kencing, hepatitis dan disentri bisa diobati menggunakan meniran. Ternyata, akarnya yang kurang dapat perhatian. Akar meniran bisa digunakan untuk mengurangi sakit gigi. Caranya: Cuci bersih akar meniran, lalu kunyah-kunyah pada gigi yang sakit.

Es batu


es batu bisa meredakan rasa sakit gigi

Es batu dapat mengurangi nyeri dan pembengkakan akibat sakit gigi. Tempelkan satu kantong kecil es batu pada posisi gigi yang sakit selama 5 – 10 menit.

Itulah beberapa obat sakit gigi alami yang ampuh dalam menanggulangi maupun sebagai tindakan cepat pada gigi sakit. Bila perlu, Anda juga tetap harus berkonsultasi dengan dokter mengenai amsalah gigi Anda. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan gigi agar gigi tetap sehat dan kuat. Juga baca kembali cara memilih sikat gigi yang tepat.

Judul artikel: Bahan Obat Sakit Gigi Tradisional Alami Andalanku
Kategori :
Diposting pada: Senin, Oktober 07, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/10/bahan-obat-sakit-gigi-tradisional-alami.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

1 komentar:

  1. memang yang alami tidak instan namun yang alami lebih aman, siip gan artikelnya...

    BalasHapus

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.