Beberapa Sumber Makanan Untuk Menu Sarapan Sehat

Menu Sarapan - Membuat menu sarapan yang sehat tentu membutuhkan bahan makan yang mengandung nutrisi cukup untuk kebutuhan gizi dan energi tubuh sampai siang. Kalau sebelumnya telah ada contoh mengenai menu sarapan sehat orang Turki dan menu sarapan berkualitas, kini ada contoh tambahan lagi berupa beberapa sumber makanan yang cocok digunakan sebagai menu sarapan pagi yang tentunya sehat dan bergizi lengkap. Apa saja bahan makanan yang cocok tersebut? Berikut ini adalah bahan makanan untuk sarapan.

Beberapa Makanan Untuk Menu Sarapan Sehat

sumber makanan menu sarapan sehat


Buah dan Kacang

Saya list di bawah ini mulai dari bahan buah-buahan dan kacang-kacangan.

Pisang


Pilihan pertama buah segar yang cocok untuk sarapan cepat adalah pisang. Pisang bisa menjadi alternatif yang sangat baik untuk sarapan. Dalam kondisi tertentu yang tidak memungkinkan untuk makan makanan sarapan dalam porsi lengkap, pisang dapat mensuplai kebutuhan tersebut. Buah yang satu ini sarat dengan nutrisi baik yang dapat menjaga kekuatan tubuh sampai siang hari. Apa sih kandungan pisang itu?

Pisang mengandung (68%) air, (25%) gula, (2%) protein, (1%), lemak dan minyak, (1%) serat Selulosa. Sebagaimana juga ia mengandung pati dan asam tanin, vitamin A (300 IU per seratus gram), vitamin B dengan berbagai jenisnya; B1, B2, B 6, dan 12 (100 mg per seratus gram), persentase yang cukup dari vitamin D, dan sedikit Vitamin Z. Dan pisang juga mengandung Kalsium (100 mg per seratus gram), Fosfor, Besi, Sodium, Kalium (potassium), Magnesium, dan Seng. Sumber: Wikipedia

Bagaimana? Lengkap bukan? Pisang sangat cocok bagi Anda yang tergesa-gesa ke kantor padahal sarapan di rumah belum siap. Cukup makan pisang, minum air secukupnya. Bila ada susu lebih baik. (Baca juga mengapa minum sebelum sarapan itu baik? dan ternyata pisang bisa digunakan untuk melawan migrain)

Makanan berupa Biji-bijian, kacang, dan buah kering


Bila masih sempat, alternatif kedua adalah makan biji-bijian seperti kacang dan buah kering seperti keripik buah (bisa pisang, apel, dan lain-lain). Untuk berjaga-jaga, saat Anda berbelanja sempatkan membeli beberapa bahan makanan tersebut. Saat Anda akan bekerja dan belum sempat memasak, Anda bisa mencoba menggantinya dengan biji-bijian dan keripik. Oh iya, Anda bisa menambahkannya dengan Yogurt Yunani. Dengan tambahan ini energi harian Anda akan terpenuhi dengan baik karena Yogurt Yunani mempunyai kandungan dua kali dari yang biasa.

Sayuran

Bila ingin menggunakan sayuran sebagai bahan sarapan, namun Anda tergesa-gesa, Anda tidak perlu memasaknya. Cukup gunakan sayur sebagai campuran dari beberapa menu di atas. Jenis sayuran yang cocok untuk campuran adalah wortel, seledri, dan kembang kol. Sayuran tersebut mengandung protein yang baik dan dapat mengenyangkan. Anda dapat menikmatinya sebagai salad atau dengan melumatnya bersamaan dengan kacang-kacangan atau bahan yang lain diatas.

Telur rebus

Sama dengan orang Turki, telur rebus dapat menjadi menu sarapan sehat. Telur mempunyai kandungan protein yang paling baik karena tubuh dapat menyerapnya dengan sempurna. Hampir seluruh bagian dalam telur rebus dapat diserap dengan baik dalam tubuh. Sarapan dengan telur rebus tentu akan menjadi sarapan sehat yang sangat baik.

Sereal dan susu


Sereal dan susu diketahui mempunyai kandungan yang mengenyangkan dan dapat mensuplai energi dalam tubuh. Sarapan gaya orang-orang barat ini terbukti bisa menjadikan mereka bertahan dari lapar hingga siang hari. Dengan cara yang sangat mudah Anda dapat mencampur sereal dan susu dalam sebuah mangkuk untuk disantap.

Bagaimana? Bahan-bahan makanan yang sangat mudah dicari dan bisa langsung disantap bukan? Itulah beberapa bahan makanan yang cocok digunakan sebagai menu sarapan sehat Anda saat waktu tidak kompromi. Sebelumnya Anda juga sudah mengetahui tentang bahan Jamur dan Tomat sebagai menu sarapan.

Judul artikel: Beberapa Sumber Makanan Untuk Menu Sarapan Sehat
Kategori :
Diposting pada: Selasa, Oktober 15, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/10/beberapa-makanan-menu-sarapan-sehat.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.