Mengenal Jenis-Jenis Naga di Dunia

Mengenal jenis naga - Banyak orangg tahu tentang naga, namun tidak sedikit yang masih penasaran tentang naga tersebut. Dalam berbagai bbelahan dunia, ternyata naga dikenal dengan bagus. Seluruh dunia mempunyai mitos tentang naga, namunternyata disetiap daerah mempunyai gambaran yang berbeda-beda tentang naga.

Dalam informasi ini kita akan mengenal tentang naga sesuai dengam daerah masingg-masing. Ada naga dari Indonesia, Eropa, Cina, dan lain-lain. Seperti apa gambaran naga-naga tersebut? Mari kita simak salah satu thread di Kaskus ini.

Jenis-Jenis Naga di Dunia


jenis-jenis naga di dunia

Naga adalah sebutan umum untuk makhluk mitologi yang berwujud reptil berukuran raksasa. Makhluk ini muncul dalam berbagai kebudayaan. Pada umumnya berwujud seekor ular besar, namun ada pula yang menggambarkannya sebagai kadal bersayap.

Naga China

Dalam tradisi Cina juga terdapat makhluk bernama Liong atau Lung yang umumnya diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan istilah naga. Makhluk ini digambarkan sebagai ular berukuran raksasa, lengkap dengan tanduk, sungut, dan empat cakar, sehingga berbeda dengan naga versi India. Naga China adalah makhluk mitos China yang juga muncul dalam budaya asia lainnya, dan kadang-kadang disebut naga timur. Naga telah lama menjadi simbol potensial kekuasaan kebaikan dalam cerita rakyat cina dan seni. Jenis naga ini kadang-kadang digambarkan sebagai makhluk yang dibangun dari banyak bagian hewan. Mungkin memiliki beberapa sirip ikan, atau tanduk rusa.

Naga India

Istilah naga merupakan kata serapan dari bahasa Sansekerta atau India kuna yang bermakna "ular". Naga ini umum untuk semua budaya yang dipengaruhi oleh agama hindu. Mereka sering digambarkan seperti kobra dan mungkin memiliki beberapa kepala. Mereka biasanya tidak memiliki lengan atau kaki tetapi ada juga yang punya.


Naga Indonesia dan Malaysia

Digambarkan sebagai seni atau dewa pelindung gunung atau hutan. Tapi dibeberapa cerita rakyat indonesia, naga juga sering digambarkan sebagai mahkluk yang jahat. Naga dalam budaya Kalimantan, kususnya suku Dayak dan suku Banjar dianggap sebagai simbol alam bawah. Naga digambarkan hidup di dalam air atau tanah dan disebut sebagai Naga Lipat Bumi. Naga merupakan perwujudan dari Tambun yaitu makhluk yang hidup dalam air.

Naga Jepang

Seiryuu adalah naga yang berasal dari jepang. Naga ini dikenal rakyat sebagai 4 mahkluk penjaga mata angin, yaitu timur. Naga ini berwarna biru kehijauh-hijauan tinggal di danau dan bersifat baik.

Naga Khmer

Neak adalah naga yang memiliki 3 kepala. Katanya, naga ini sangat kuat, karena jumlah kepalanya yang banyak. Naga ini memiliki kemiripan pada naga india seperti badan yang mirip kobra.

Naga Korea

Yong, Gyo dan Imoogi merupakan tiga naga berasal dari korea. Yong adalah naga langit yang dikenal juga dengan nama Mireu. Gyo adalah naga gunung. Dan Imoogi adalah naga laut.

Naga Filipina

Naga dalam bahasa Filipina adalah Bakunawa. Bakunawa ditakuti oleh rakyat filipina karena memakan bulan sehingga menjadi gerhana bulan. Rakyat mengusir bakunawa dengan memukul-mukul wajan atau panci saat malam agar bakunawa tidak kembali dan memakan bulan.

Naga Vietnam

Naga vietnam disebut dengan Long, sama dengan naga dari cina. Lekukan badan pada naga ini ada 12 lekukan itu berarti ada 12 bulan pada setahun. Mereka bisa mengubah cuaca dan menyuburkan tanaman.

Naga Eropa

Naga di dunia Barat digambarkan sebagai kadal besar dengan 2 tangan dan 2 kaki yg memiliki sayap begitu besar, juga memiliki kemampuan untuk menyemburkan lidah-lidah api dan digambarkan memiliki gua bawah tanah. Naga ini selalu digambarkan memangsa manusia.

Jenis-Jenis Naga Dalam Mitologi

Ada berbagai jenis naga. Dari kejam dan keji, sampai naga licik yang jahat, atau bahkan di agung-agungkan sebagai dewa. Naga telah menginspirasi dan menjadi teror di seluruh dunia sepanjang sejarah. Kekuatan mereka adalah kekuatan yang harus diperhitungkan. Dua jenis utama dari naga dalam fantasi modern adalah Metallic Dragon ( Naga Logam - sebagai Naga yang baik ) dan Chromatic Dragon ( Naga Berwarna - sebagai Naga yang jahat ).

Naga Hitam

Naga hitam adalah naga yang keji, jahat, pemarah, dan terobsesi dengan kematian. Mereka merasa nyaman tinggal di tempat yang berbau busuk seperti di rawa-rawa. Mereka kasar, cepat marah, dan jahat. Naga hitam dapat diidentifikasi dari penampilannya yang seram. Matanya terletak pada rongga yang dalam. Dua tanduk besarnya melengkung ke depan dan ke bawah. Daging wajahnya tampak buruk, seakan terbakar oleh asam. Asam lendir menetes dari mulutnya. tubuhnya berbau busuk seperti asam beracun.
Jika Anda pernah menghadapi naga hitam, berhati-hatilah, ia lebih suka serangan kejutan bukan pertarungan jujur. Ia paling aktif di saat yang paling gelap di malam hari, dimana dalam kegelapan ia merasa percaya diri dan kuat.Naga hitam menghembuskan asam beracun dan mendesis.

Naga hijau

Naga hijau adalah sangat menyukai hutan dengan pohon-pohon tua dan besar. Bukannya terang-terangan dan agresif, dia lebih suka menyusun skema untuk mendapatkan kekuasaan dengan usaha sesedikit mungkin. Mereka membuat sarang di balik air terjun atau dekat danau, kolam. Semakin gelap ke dalam hutan, maka semakin dekat untuk sampai ke sarangnya.Kepala naga hijau ditutupi oleh lapisan tanduk. Mereka memiliki leher dan kaki yang panjang.Naga hijau adalah pembohong.Ketika menyerang, ia biasanya akan mengintai mangsanya terlebih dahulu, kadang-kadang selama berhari-hari. Ia hebat dalam pelacakan.Naga hijau menghenbuskan gas beracun, yaitu, gas klorin beracun.

Naga Biru

Naga biru adalah naga yang pendiam dan angkuh. Mereka tinggal di tempat yang panas, daerah kering, seperti gurun pasir atau stepa gersang.Se'ekor naga biru dapat diidentifikasi dengan telinga yg berjumbai dan tanduk tunggal di atas kepalanya.Matanya halus, mengkilap, dan tanpa pupil. Aroma kering ozon dan pasir mengikuti naga biru mana pun ia pergi.Mereka suka terbang di udara padang pasir yang panas. Mereka adalah karnivor berdedikasi yang akan memakan ular, kadal, dan bahkan kadang-kadang memakan tanaman gurun, tapi mereka benar-benar suka hewan ternak seperti unta. naga Biru adalah ancaman nyata terhadap kafilah yang melintasi padang pasir. Mereka suka menyerang orang dengan penyergapan. Kejutan dan jarak adalah sekutu yang terbesar. Mereka menikmati kenyamanan dan sering berdiam diri. Mereka berdarah biru (artinya, dingin atau mulia.) Mereka adalah naga yang memiliki beberapa rasa moral.Mereka hebat dalam pelacakan.Naga biru adalah naga yang besar dan bersemangat. Naga biru menghenbuskan petir, yaitu ledakan petir.

Naga Putih

Naga putih kecil dan cerdas. Mereka tinggal di daerah bercuaca dingin - biasanya daerah Arktik, tapi kadang-kadang di gunung-gunung yang sangat tinggi. Mereka pergi sendirian ( individu), dan memiliki ingatan yang sangat baik. Mereka lebih memilih kesendirian di dataran bersalju dan gua-gua, jauh dari panas sinar matahari.Naga putih dapat diidentifikasi dari matanya yang tajam dan tampak cerdas dengan ekspresi yang kuat.sisiknya menyerupai bulu bulu. kaki lebarnya dan cakar tajam membantu dia untuk berjalan di atas salju.Aura dingin tampaknya berasal dari naga putih.Karena tinggal di iklim dingin, naga putih lebih memilih makanan mereka menjadi beku. Jika korban tidak mati membeku, naga putih akan membiarkan mereka jauh di atas salju sampai mereka benar-benar membeku. Naga putih kadang-kadang dikenal sebagai naga yang pengecut.Naga putih menghembuskan embun beku yang mengerikan.

Naga Merah

Naga merah adalah naga yang serakah dan tamak. Mereka hidup di habitat hangat, seperti gunung berapi atau pulau tropis. Naga merah mendominasi gunung dan pulau-pulau beriklim tropis. Mereka licik dan mengerikan.Se'ekor naga merah dapat diidentifikasi dengan sayap panjang dan dua tanduk panjang. Mereka memiliki lidah merah yang panjang dan bercabang. Api kecil sering menari di lubang hidungnya ketika dia marah. Matanya mengkilat dengan keserakahan tak terkendali ketika dia telah melihat harta karun.Mereka berbau asap dan belerang.Naga merah adalah naga teritorial. Mereka lebih suka makan daging, khususnya manusia. naga merah telah dikenal memaksa desa untuk mengorbankan gadis kepada mereka. (Ini adalah masalah selera, seperti yang anda miliki, rupanya gadis "terasa lebih enak") Bagian terbaik dari makanan untuk naga merah adalah minum darah.Naga merah menghembuskan api mematikan.

Itulah informasi mengenai mitos mitos naga di dunia. Pengenalan kita pada jenis-jenis naga dapat membuka cakrawala pengetahuan kita mengenai budaya dan tradisi dunia. Semoga bermanfaat.

Judul artikel: Mengenal Jenis-Jenis Naga di Dunia
Kategori :
Diposting pada: Sabtu, Agustus 24, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/08/mengenal-jenis-jenis-naga-di-dunia.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

1 komentar:

  1. Sya suka campuran naga putih n merah....hehhehe dirty n smart....hehehe

    BalasHapus

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.