7 Manfaat Lidah Buaya Yang Jarang Kita Ketahui

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan rambut mungkin sudah umum bagi kita, tapi tahukah Anda bahwa lidah buaya juga bermanfaat untuk mengatasi iritasi kulit akibat sengatan matahari? Ya, ternyata lidah buaya selain baik untuk pertumbuhan rambut, gel yang ada dalam daunnya juga bisa dimanfaatkan untuk treatment kulit manusia. Lidah buaya dapat menjadi ramuan alami untuk kesehatan kulit tubuh kita.

Tanaman kaktus dari keluarga Liliaceae yang tumbuh di daerah dengan iklim kering dan banyak dijumpai disekitar kita ini mempunyai kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan manusia yang diketahui sejak peradaban Mesir Kuno. Bahkan masyarakat disana menyebutnya dengan tanaman keabadian, karena mempunyai manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan kita.

Tradisi pemanfaatan lidah buaya untuk pengobatan alami telah turun temurun hingga sekarang, inilah salah satu bukti bahwa lidah buaya memang sangat berkhasiat dan bisa digunakan dari masa ke masa. Selain digunakan sebagai bahan perawatan tubuh, seperti rambut, kepala, kulit wajah serta bagian kulit yang lain, masyarakat juga memanfaatkannya dengan menjadikan sebagai bahan makanan.

Hal ini tidaklah berlebihan, karena memang lidah buaya mempunyai daun menggelembung yang berisi gel yang kaya akan nutrisi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat lidah buaya yang bisa kita gunakan:

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan



Untuk Menghambat Penuaan Dini


Kandungan nutrisi dan zat baik dalam lidah buaya seperti antioksidan, beta karoten, vitamin C dan E sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Dengan suplai cukup zat-zat seperti ini dalam tubuh kita, maka efek penuaan dini akibat bersinggungan dengan zat-zat perusak di alam terbuka (seperti panas, asap, debu dan lain-lain) bisa diminimalisir. Zat-zat tersebut dapat membantu tubuh untuk pemberian hidrasi yang cukup pada kulit, sehingga kulit tetap sehat dan lembab.


Untuk Menenangakan Kulit Terluka


Bila kulit Anda terluka misalnya karena teriris pisau saat di dapur, Anda dapat menggunakan gel lidah buaya untuk menenangkan luka tersebut dan membuatnya lebih cepat sembuh.

Untuk Melembabkan Kulit Kering


Lidah buaya bermanfaat untuk treatment pelembapan kulit. Saat Anda mendapati kulit Anda bersisik, terkelupas dan terlihat kering, mungkin disebabkan oleh efek cuaca atau penggunaan kosmetik yang tidak sesuai, Anda dapat mengembalikan kelembapannya kembali dengan menggunakan gel lidah buaya sebagai masker kulit kering. Penggunaan gel lidah buaya sebagai masker kulit kering ini bisa membuat wajah Anda terlihat lebih cerah. Kebaikan dari lidah buaya dibandingkan dengan masker kimia adalah bahwa gel lidah buaya tidak menyebabkan lengket dan berminyak seperti bahan kimia lain yang meninggalkan bekas.

Untuk Melawan Ketombe dan Kulit Kepala Kering


Masih seperti manfaat sebelumnya, lidah buaya yang mempunyai efektifitas dalam melembabkan kulit juga bisa dimanfaatkan untuk melawan ketombe dan melembabkan kulit kepala yang kering. Kondisi ketika Anda sering merasa gatal-gatal di kepala, dapat Anda minimalisir dengan mengoleskan gel lidah buaya pada kulit kepala.

Untuk Mengobati Kulit Terbakar Matahari


Saat Anda mengalami iritasi kulit akibat sengatan matahari, Anda dapat memanfaatkan lidah buaya sebagai masker atau obat oles untuk menenangkan kulit yang terbakar.


Untuk Mengobati Jerawat


Saat banyak cewek dan cowok yang sedang pada masa puber dengan berkembangnya hormon secara massif dalam tubuh, seringkali muncul juga jerawat pada muka karena sebab peningkatan hormon tersebut. Untuk masalah ini, Anda bisa menggunakan lidah buaya untuk pengobatan jerawat bahkan untuk jerawat merah meradang yang akan meletus sekalipun, lidah buaya tetap aman digunakan.


Untuk Menghilangkan Stretch Mark


Kandungan zat dan nutrisi baik dalam lidah buaya yang secara khusus bisa dimanfaatkan maksimal pada keseatan kulit adalah bahan yang sangat baik untuk menjaga elastisitas kulit. Karena itu, penggunaan lidah buaya untuk mengatasi strechmark diketahui sangat efektif.

Itulah beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan kulit alami. Tentunya dengan mengetahui ini, kita akan semakin pintar untuk memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar kita untuk pemenuhan kesehatan tubuh kita. Jadi, jangan lupa sediakan tempat khusus walapun kecil untuk menanam tanaman obat keluarga di pekarangan Anda. Semoga bermanfaat.

Judul artikel: 7 Manfaat Lidah Buaya Yang Jarang Kita Ketahui
Kategori :
Diposting pada: Minggu, April 06, 2014
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2014/04/7-manfaat-lidah-buaya-yang-jarang-kita.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.